Karakteristik dan Fakta Yang Terdapat Pada Ayam Bangkok Petarung

December 26th, 2017

Karakteristik dan Fakta Yang Terdapat Pada Ayam Bangkok Petarung

Karakteristik dan Fakta Yang Terdapat Pada Ayam Bangkok Petarung

 

Karakteristik dan Fakta Yang Terdapat Pada Ayam Bangkok Petarung

 

Sabung Ayam – Tahukah anda bahwa ayam pejantan yang dipelihara saat ini kebanyakan dijadikan ayam petarung oleh para peternaknya. Tidak heran hal ini dilakukan, karena ayam merupakan jenis hewan yang memiliki naluri tarung yang sangat tinggi. Kegiatan ini bukan hanya dilakukan pada abad ini saja. Tetapi sejak ratusan tahun lalu, istilah ayam petarung sudah kental sekali, khususnya di Indonesia.

Dari sekian banyak ayam petarung yang ada, jenis ayam yang paling terbaik untuk dijadikan petarung adalah ayam bangkok. Ayam Bangkok yang berasal dari negara Thailand ini merupakan ayam petarung yang berkriteria sempurna di jenisnya. Dimana ayam ini memiliki ukuran tubuh yang besarnya melebihi kebanyakan jenis ayam petarung asal Indonesia. Selain daripada itu, kekuatan dan kemampuan yang dimiliki oleh ayam ini juga lebih unggul dan tangguh pula. Kerasnya serangan dan kebalnya tubuh ayam ini membuat ayam ini semakin tidak terkalahkan. Belum lagi dengan mental tarungnya yang tinggi membuat ayam bangkok memang menjadi ayam petarung yang sempurna.

 

Karakteristik Dari Ayam Bangkok Petarung Terbaik

 

Hasil dari pengamatan yang dilakukan oleh para sesepuh ayam petarung, didapati bahwa ayam bangkok yang terbaik memiliki ciri fisik seperti :

– Bagian Kepala : Postur dari kepalanya lebih besar, namun jenggernya memiliki ciri ukuran yang kecil dan kaku. Memiliki alis yang timbul dan ukuran paruhnya lebih pendek.
– Bagian Badan : Sebagian besar tubuh dari ayam bangkok petarung diisi dengan otot-otot dan susunan tulang yang keras. Bulu tubuhnya lebat, namun dengan pergerakan yang lebih kaku. Tidak heran bila dikonsumsi manusia, daging ayam bangkok akan sulit sekali untuk dikunyah.
– Bagian Kaki : Bagian paha ayam bangkok lebih besar dan kokoh. Ruasan yang terpasang pada kakinya juga berbentuk seperti segi enam dan posisinya tidak teratur.

 

Fakta Ayam Bangkok Sebagai Ayam Petarung

 

Selain mengamati dari karakteristik dari ayam bangkok, para sesepuh juga mengamati kondisi yang ada saat ayam ini bertarung, dimana ayam bangkok itu :

– Memiliki gaya bertarung yang lebih tenang dan stabil. Dimana ayam bangkok hanya menyerang ketika dirinya berhasil menangkap posisi lawannya. Kekuatan dan akurasi dari ayam ini sangat tinggi. Inilah yang menyebabkan tendangan ayam petarung jenis bangkok ini begitu ditakuti oleh ayam petarung jenis lainnya.
– Batas usia terbaik ayam bangkok untuk mulai dipertarungkan adalah disaat usianya mencapai 1 tahun (12 bulan). Pada masa ini, tubuh dan mental ayam petarung ini sudah lebih siap bila dibandingkan saat usianya di bawah 1 tahun.
– Ayam bangkok memiliki pernafasan dan stamina yang lebih tinggi daripada ayam petarug jenis lainnya. Itulah sebabnya ayam ini digunakan pada pertandingan sabung ayam pukul saja dan bukan sabung pisau. Karena dari sabung ayam pisau, potensi dan kekuatan sebenarnya dari ayam ini akan dapat terlihat jelas.
– Meskipun ayam bangkok juga memiliki taji, tetapi kekuatan dan senjata utama dari ayam ini terletak pada kerasnya tendangan yang dimilikinya. Daya rusak yang dihasilkan bisa memberikan luka memar dan menyebabkan patahnya tulang pada tubuh lawan.

 

Baca juga : 4 Macam Karakteristik Fisik Untuk Menilai Kekuatan Ayam Petarung Bangkok

 

Itulah yang menyebabkan bahwa ayam bangkok ini selalu dianggap sebagai ayam petarung sejati. Meskipun Indonesia memiliki berbagai macam jenis ayam petarung, tetapi tetap saja ayam bangkok ini yang lebih dijadikan unggulan pada setiap petarungan sabung yang digelar.

Leave a Reply