Jenis-jenis Sabung Ayam Petarung Yang Harganya Selangit di Indonesia

August 4th, 2017

Bagi pehobi ayam bangkok yang sudah mendarah daging, masalah uang sering kali bukan menjadi kendala untuk bisa memiliki seekor ayam petarung yang tangguh dan mampu menang dalam setiap kali bertanding.

Biaya perawatan untuk menjaga ayam bangkok mulai dari anakkan smpai benar-benar dewasa dan siap tarung dengan potensi yang sangat tinggi, atau harga ayam bangkok termahal di dunia sekalipun dianggap sebagai tantangan tersendiri bagi mereka yang hobi dengan ayam bangkok. Salah satu contoh yang bisa ditemukan misalnya seperti pada kasus ayam bangkok yg memiliki harga tertinggi akan dijelaskan pada artikel ini.

Bangkok Termahal
Ayam Bangkok memang memiliki harga yang sangat tinggi dan dengan berdasarkan pengalaman pribadi dari saya sendiri, saya telah menemukan bahwa harga ayam Bangkok tidaklahh semua mahal dan harga pun beraneka ragam, tergantung dari bagaimana kemampuan bertarungnya di medan tarung.

Ada beberapa macam ayam bangkok yang tergolong dengan harga yang murah, namun tak sedikit pula yang tergolong dengan harga sangat mahal. Berikut ini adalah harga ayam Bangkok:

  1. Rambo (95 Juta)

Rambo adalah sebuah nama dari ayam bangkok lokal milik seorang kakek tua di daerah Purwokerto, Jawa Tengah. Meski Rambo berbadan lebih kecil dari ayam Bangkok biasa tetapi dari segi fisik bisa dikatakan sedikit tidak yakin, namun ketika dipertandingkan, rambo mampu mengalahkan ayam-ayam juara gelanggang tidak lebih dari 2 ronde. Serangan yang sering tepat pas mengenai saraf lawan membuat ia dianugerahi beberapa penghargaan dari pertandingan. Terakhir kali, ayam bangkok juara asal Purwokerto ini dijual oleh pemiliknya dengan harga yang sangat tinggi yaitu dengan harga 95 juta rupiah. Harga tersebutlah yang membuat rambo termasuk kedalam kategori ayam bangkok dengan nilai termahal yang pernah dijualbelikan selama di Indonesia.

  1. Gundul (75 Juta)

Sesuai namanya, ayam petarung bangkok ini memiliki kepala yang gundul. Darah dari ayam impor asli Thailand yang mengalir ditubuhnya membuat ia begitu gesit dan lincah di setiap saat di medan tarung. Dalam bertarung, ia seringkali menggunakan trik pertama yaitu mengalah di ronde awal untuk menguras habis tenaga lawannya dan baru dironde kedua ia dengan membabi buta menghabiskan lawannya di setiap serangan tepat mengenai bagian vital dibagian kepala lawan tarungnya. Gaya bertarung yang seperti ini membuat gundul tak pernah terkalahkan di dalam sejarahnya. Terakhir kali ia dijual seharga 75 juta rupiah kepada salah seorang kakek tua di Talang Jawa, Lampung Selatan. Saat ini gundul sudah mati karena usia, kendati begitu, keturunan gundul sudah banyak diternakan dan memiliki sifat dan gaya tarung yang hampir sama dengan induknya.

 

  1. Brumbun (75 Juta)

Brumbun ialah seekor ayam yang berasal dari bangkok dan ayam brumbun juga memiliki nama lain yaitu ayam blorok madu yang dimiliki oleh seorang pehobi sabung ayam di daerah Blitar, Jawa Timur. Ayam brumbun berbadan sangat besar, tulangnya yang begitu kuat dan terlebih sangat kokoh, serta bagian-bagian fisik lain dari organ tubuhnya yang sangat persis dengan katuranggan ayam bangkok juara memang sangat mendukung kemahirannya saat bertarung. Pada saat sekarang Brumbun telah pensiun dari area tarung lalu saat ini Ia dijadikan indukan oleh pemiliknya untuk menghasilkan keturunan-keturunan tangguh seperti sang ayahnya untuk generasi selanjutnya. Sempat ditawar dengan nilai yang sangat tinggi yaitu seharga 75 juta rupiah oleh seorang kakek asal Bali, sejak saat itu ayam brumbun telah menjadi salah satu jenis ayam bangkok termahal di dunia.

  1. Ireng (80 Juta)

Sesuai dengan namanya, laga ayam Bangkok termahal saat ini adalah satu ini yang memiliki warna bulu yang hitam pekat di sekujur tubuhnya. Ia merupakan ayam bangkok import yang sengaja didatangkan langsung dari negara Thailand. Tubuhnya kokoh dan kuat, daya tahan terhadap pukulan begitu luar biasa, sedangkan serangan jalunya tak bisa dibaca oleh lawan dan dianggap remeh. Ireng adalah turunan dari ayam pemenang pertarungan champion di Thailand. Untuk mendatangkannya ke Indonesia, seorang kakek tua asal Jambi menghabiskan dana senilai 80 juta rupiah.

  1. Jalak (120 Juta)

Jalak adalah ayam lokal berules wido. Dari sisi berpenampilan fisik, ia memang tidak begitu meyakinkan hanya mempunyai paruh yang sangat kokoh dan tajam sehingga bisa masuk dalam kategori ayam bangkok termahal di dunia. Akan tetapi, jika Anda melihat saat bagaimana cara ia bertarung dan caranya mengalahkan semua lawannya bertekuk lutut saya yakin Anda akan terheran-heran. Record jalak ini bahkan telah berhasil menumbangkan 7 ayam bangkok impor dan 2 ayam saigon. Catatan suksesnya itu membuat ayam yang pernah ditawar dengan nilai yang tinggi yaitu seharga 120 juta ini dipercaya memiliki pukulan mematikan.

  1. Brajamusti (250 Juta)

Brajamusti Ini adalah ayam yang sangat luar biasa yang ada di dunia saat ini. Serangan yang dimilikinya persis sama seperti nama brajamusti yang tersohor di seluruh pelosok nusantara. Jika sudah diturunkan di area laga, tak butuh waktu 1 ronde, brajamusti sudah pasti mampu membuat KO lawannya dengan sangat cepat. Terakhir ia ditawar oleh seorang orang Thailand dengan nilai yang sangat tinggi yaitu seharga 250 juta rupiah. Namun oleh pemiliknya yang berasal dari Lampung Selatan harga itu masih dikata terlalu murah untuk ayam juara sekelas brajamusti. Hal yang perlu harus anda ketahui bahwa ayam brajamusti pernah mendapat juara 1 di dalam arena champion ayam laga yang ditarungkan di negara Thailand. Setelah kemenangan itu, brajamusti ditawar oleh seorang dengan harga yang sangat-sangat tinggi. Nah, itulah beberapa ayam bangkok termahal di dunia yang tercatat dalam sejarah ayam bangkok Indonesia.

Terima kasih telah membaca jenis-jenis sabung ayam petarung yang harganya selangit di indonesia

Leave a Reply