^ Jenis Ayam Bangkok Menurut Corak Dan Warna Bulunya ^

September 25th, 2017

Berbagai jenis ayam aduan Bangkok menurut corak dan warna bulunya. Berikut ini akan dijelaskan beberapa nama ayam aduan Bangkok berdasarkan corak dan warna bulunya. Warna bulu ayam petarung sangat beragam dan berbeda satu sama yang lain, banyak sekali para pecinta sabung ayam yang fanatik dan selalu mencari ayam petarung dengan bulu warna tertentu. Dibawah ini akan dijelaskan nama-nama ayam aduan Bangkok menurut warna dan corak bulunya :

 

1. Ayam Wangkas

Ayam wangkas ini mempunyai bulu dengan warna dasar kuning yang kemerahan. Jika warna bulunya lebih cenderung ke warna kuning keemasan itu dinamakan Wangkas Emas dan jika warna bulunya lebih gelap kemerahan maka dinamakan dengan Wangkas Geni.

 

2. Ayam Klawu

Warna yang terdapat pada ayam Klawu adalah warna abu-abu sebagai warna dasarnya. Jika warna rawisnya lebh gelap atau abu-abu kehitaman itu disebut dengan Klawu Kethek dan jika bulu rawisnya berwarna kuning kemerahan disebut dengan Klawu Geni.

 

3. Ayam Wiring

Ayam wiring adalah warna bulu yang paling banyak diincar oleh para pecinta ayam sabung dan merupakan wanra yang paling populer pada warna bulu ayam aduan Bangkok. Adapun corak dari warna wiring ini yaitu warna dasarnya hitam, bulu rawisnya leher dan ekjkor warna kuning kemerahan. Jika bulu rawis didominasi warna kuning keemasan maka disebut sebagai Wiring Kuning dan jika lebih cenderung berwarna merah tua kecoklatan disebut dengan Wiring Galih. Di negara Thailand sendiri, ayam wiring khususnya wiring kuning diyakini memiliki mitos sebagai raja disemua arena bertarung dan selalu dijadikan sebagai pedoman oleh para pecinta ayam sabung di negara Thailand dalam memilih ayam petarung mereka.

 

4. Ayam Jragem

Warna ayam Jragem ini merupakan warna hitam termasuk bulu rawisnya. Ayam Bangkok sangat sedikit yang berwarna hitam jragem, pada umumnya jika ada ayam Bangkok yang termasuk ayam jragem tersebut adalah keturunan dari persilangan ayam aduan Bangkok dengan ayam kampung asli Indonesia yang sangat dikenal yaitu ayam Cemani.

 

5. Ayam Putih

Disebut dengan ayam Putih atau dikenal juga sebagai ayam putih Seta jika ayam aduan Bangkok tersebut berbulu warna putih semuanya, baik warna dasar ataupun warna rawisnya. Memang ada beberapa jenis ayam putih tersebut yang memiliki bulu rawis yang bewarna lain juga. Dari gaya bertarungnya, ayam putih Seta ini memiliki keunggulan dalam kekuatan pukulannya dikarenakan ayam jenis tersebut mampu melompat dengan sangat cepat sambil melontarkan pukulannya yang keras.

 

6. Ayam Wido

Ayam Bangkok Wido jenis yang satu ini diyakini memiliki ketenangan dalam bertarung, atau lebih mengutamakan teknik, sehingga sangat terkesan lebih berhati-hati dalam melancarkan serangan baliknya terhadap lawannya.

 

Baca Juga : Pengenalan Jenis Ayam Orpington

 

7. Ayam Jali

Disebut ayam Jali karena warna jali (warna blirik) nya terdiri dari campuran warna yang beragam dalam titik kecil-kecil atau garis-garis kecil pada bulunya. Warna jali tersebut sangat berbeda dengan warna ayam Blorok yang coraknya cenderung bercorak totol. Jarang sekali dapat ditemukan ayam adyan Bangkok berwarna jali tersebut, dan ada sebagian pecinta ayam aduan memburu ayam aduan Bangkok asli dengan warna jali ini dikarenakan kelangkaan dan keunikan warnanya dan lebih dominan menjadikannya sebgai koleksi ayam hias.

 

8. Ayam Blorok

Warna Blorok merupakan dimana warna bulu ayam aduan Bangkok tersebut bercorak dengan corok-corok dan terdiri dari gabungan beberapa jensi warna. Untuk warna Blorok yang tergolong sederhana pada umunya terdiri dari warna dasar yang putih dengan totol warna hitam dan bulu rawisnya akan berwarna merah. Warna Blorok akan dianggap istimewa atau disebut dengan Blorok Madu jika kombinasi pada warna dasarnya terdiri dari warna putih, merah, hitam, hijau dengan warna rawis tersebut putih kemerahan.

Leave a Reply