Inilah Faktor Dalam Dan Luar Yang Membuat Ayam Petarung Bermental Rendah

August 21st, 2017

Memiliki mental bertarung yang rendah merupakan permasalahan yang sangat serius sekali bagi ayam petarung yang harus dihindari oleh para peternak ayam petarung. Ayam yang bermental rendah tidak akan dapat memenangkan pertandingan sabung ayam dengan mudah, bahkan untuk mengikuti pertandingan hidup/mati tersebut pun tidak layak. Hanya ayam yang bermental tinggi sajalah yang siap bertarung hingga mati demi mempertahankan harga dirinya sebagai ayam petarung terbaik.

Ayam petarung memiliki mental tarung yang rendah pasti disebabkan oleh suatu hal. Penyebab tersebut bisa berasal dari dalam diri ayam tersebut ataupun berasal dari luar ayam tersebut. Untuk itulah, untuk bisa menghindari ayam anda seperti itu maka anda perlu mengetahui apa saja yang bisa menyebabkan ayam memiliki mental tarung yang rendah. Hal itu dapat anda ketahui di bawah ini :

1. Faktor yang berasal dari dalam :
a. Berasal dari keturunan yang kurang berkualitas.
b. Daya tahah tubuh yang kurang bagus dari lahir.
c. Terlahir cacat.
d. Sedang dalam keadaan sakit.

2. Faktor yang berasal dari luar :
a. Terlalu sering ditarungkan hingga kecapean.
b. Sering mengalami kekalahan saat bertarung.
c. Dari kecil sering diserang oleh ayam petarung lebih besar.
d. Penempatan kandang yand digabung dengan ayam petarung lainnya.
e. Pakan yang diberikan tidak berkualitas.
f. Diberi latihan yang terlalu melebihi batas kemampuan.
g. Pengaruh perubahan musim.

Itulah penyebab-penyebab yang bisa menyebabkan ayam petarung yang anda miliki menjadi penakut dan tidak dapat bertarung dengan baik pada arena sabung ayam. Maka dari itu anda perlu melakukan beberapa langkah yang dapat mencegah ayam petarung anda mengalami hal seperti ini. Penentuan induk yang berkualitas dan pakan yang berkualitas memberikan dampak yang sangat besar kepada ayam. Karena faktor genetik merupakan salah satu hal yang paling mempengaruhi seberapa besar mental yang dimiliki oleh ayam tersebut. Ayam petarung seperti bangkok merupakan ayam yang sempurna untuk menghasilkan ayam petarung yang bermental tinggi, namun bukan berarti ayam bangkok akan selalu memiliki mental yang bagus. Jadi berikanlah pakan berkualitas dan juga hindarilah faktor-faktor yang berasal dari luar yang telah dijelaskan di atas. Dengan begitu anda bisa mencegah ayam petarung anda akan memiliki mental yang rendah.

Leave a Reply