Ingin Menjaga Kesehatan Ayam Aduan? Berikan Tembakau Hitam

January 13th, 2018

Manfaat tembakau hitam untuk kesehatan ayam aduan

Ingin Menjaga Kesehatan Ayam Aduan? Berikan Tembakau Hitam

Ingin Menjaga Kesehatan Ayam Aduan? Berikan Tembakau Hitam

Sabung Ayam – Setiap peternak ayam pastinya ingin ayam kesayangannya tampil sehat dan bugar setiap saat. Untuk menjaga kesehatan ayam, pastinya harus sering memperhatikan kebiasaan ayam seharian, baik pemberian pakan, memandikan, bersihkan kandang ayam, berikan asupan gizi serta vitamin dan lain sebagainya. Apabila akan mengalami kondisi tidak baik, segeralah tangani dengan maksimal tanpa menunda-nunda karena bisa menurunkan kualitasnya nanti.

Kesehatan itu sangat penting, lebih baik mengatasi daripada harus mengobati. Orang-orang biasanya cuek sampai tibanya sakit, barulah panik sendiri untuk mengurusnya. Gejala yang paling sering dialami ayam aduan adalah muka pucat, cemas, tubuh kurus dan gatal sehingga mematuk tubuhnya sendiri. Apabila terjadi hal dari kriteria tersebut, maka ada kutu yang menyerang kulit tubuh ayam petarung kesayangan anda.

Penyakit Kutu Penyebab Badan Ayam Aduan Gatal

Penyakit kutu disebut juga parasit jahat yang sering menghinggap ditubuh unggas dan menjadi masalah buat para pemiliknya. Parasit ini dapat menghisap nutrisi dan darah dengan menimbulkan bekas dari gigitannya, efeknya pada bagian tersebut menjadi gatal. Bagaimana cara untuk membasmi kutu pada ayam aduan kesayangan anda? Kebetulan kami disini mempunyai tips untuk ayam aduan anda yang bermasalah dengan penyakit kutu ini. Yuk mari simak saja ulasan dibawah ini dengan seksama.

Parasit ini disebut kutu ordo Mallophaga yang mana sangat mudah berkembangbiak dengan waktu yang singkat. Peluang tertular dengan ayam lainya juga sangat tinggi, apalagi didalam satu kandang. Karena itulah harus mengetahui penyebabnya dengan segera sebelum mengjangkit keseluruh ayam yang anda miliki.

Bagi yang ingin membasmi kutu berbahaya ini bisa anda lakukan dengan memberikan bahan alami dan tradisional yang ampuh mengatasi masalah kutu pada kulit tubuh ayam aduan. Langkah awalnya yaitu taburkan tembakau di sekeliling kandang dan didalamnya, untuk lebih maksimal bisa di rendaman tembakau kemudian disiram ke bagian kandang agar terbebas dari kutu jahat ini. Carilah tembakau yang berwarna hitam, karena manfaatnya akan lebih maksimal. Selain itu bisa dijadikan obat cacingan dengan memberikan minuman air tembakau.

Sekian ulasan diatas mengenai menjaga kesehatan ayam aduan dengan menggunakan tembakau hitam agar bisa kembali bertarung sabung ayam lagi. Semoga bisa dijadikan referensi bagi anda semua. Terima kasih dan semoga bermanfaat!

Leave a Reply