Gejala Dan Penyebab Turun Urat Serta Pengobatannya

July 2nd, 2017

 

Penyakit Turun Urat kerap terjadi pada ayam aduan yang dipelihara oleh para pesabung ayam pemula. Penyakit ini biasanya terjadi karena ketidak hati – hatian sang majikan dalam melatih ayam aduannya.

Jika sudah tekena penyakit ini akan sangat merepotkan bagi majikan sabung ayam tersebut. Hal ini dikarenakan sang ayam tidak dapat di turunkan ke lapangan karena kinerja nya sudah tidak memberikan hasil yang baik dalam aduan.

 

Faktor Dari Penyakit Turun urat

 

Faktor utama dalam penyakit turun urat ini biasanya dikarenakan pelatihan yang masih belum sesuai dengan usai ayam. Di usia yang relatif muda sang majikan ingin ayam nya segera dilatih semaksimal mungkin agar dapat turun ke arena sabung ayam.

Dikarenakan latihan yang berlebih bukanlah kemenangan yang diraih melainkan kegagalan yang di dapat karena ayam tidak mampu untuk berlaga. Penyakit ini membuat ayam aduan menjadi pincang dan tidak gerakannya tidak luwes.

Kejadian lainnya juga dapat terjadi seperti sang ayam lulus dalam pelatihan, akan tetapi dalam sabung ayam sang ayam jadi terlalu agresif. Dan otot-otot yang masih lunak tidak dapat mengikuti kemampuanya yang dihasilkan dari latihannya itu. Kesimpulannya bahwa hal ini disebabkan oleh majikan yang tidak sabaran agar ayamnya segera dapat di masukan ke laga sabung ayam.

 

Ciri Dari Turun Urat Dan Pengobatannya

 

Ciri Dari Penyakit Ini Adalah Ayam susah dalam berjalan, bahkan sesekali terlihat pincang, Sering sekali ia akan mengakat sebelah kaki nya.Bahkan ada pula yang sampai membuat ayam lumpuh tidak dapat bergerak. Kita sarankan untuk tidak melakukan perlatihan yang terlalu berat untuk ayam aduan yang masih relatif muda.

Cara mengobati Turun Urat Adalah Bungkus kaki ayam petarung yang menunjukan tanda – tanda Turun urat dengan perban dan daun serai. Didalam perban anda letakan daun serai yang sudah ditumbuk – tumbuk hingga hancur dan perban kaki ayam seperti membalut manusia yang patah kakinya.

 

Usahkan agar tetap dapat mengijak ke tanah dan mengganti balutannya setiap hari secar rutin. Usahakan agar sebelum diganti perbannya rendam terlebih dahulu kaki ayam dengan air dingin kurang lebih 3 ~ 4 Menit.

 

Anda juga dapat memberikan Salep yang di rancang untuk turun urat contoh nya ” kontrapen ” ini ( Mungkin plesetan dari salep ” counter pain ” ) . Sekian Informasi dari kami semoga anda terbantu dengan artikel ini.

Leave a Reply