Dua Cara Dalam Pemberian Perawatan Bulu Ayam Petarung

November 11th, 2017

ayam petarung

sabungonlineindonesia.com

Sabung Ayam – Memiliki bulu yang bagus dan kuat merupakan sebuah hal yang tidak kalah pentingnya bagi ayam petarung. Selain bisa meningkatkan kepercayaan dirinya, dengan bulu seperti itu akan membuat pertahanan tubuh ayam dari serangan pun menjadi semakin kuat. Sehingga hal inilah yang menyebabkan pentingnya bagi kita untuk merawat bukan hanya tubuh dari ayam unggulan kita, tetapi bulunya pun juga harus kita berikan perawatan yang terbaik.

Untuk bisa membuat bulu ayam dapat menjadi bagus, terdapat dua macam cara yang dapat anda lakukan, yaitu :

1. Melalui Cara Perawatan Dari Nutrisi
Untuk bisa membuat ayam petarung anda memiliki bulu yang berkualitas, anda dapat memberikan perawatan berupa pemberian makanan yang mengandung kandungan protein, kalsium, dan mineral yang tinggi. Makanan yang mengandung ketiga zat yang sangat berfungsi dalam menjaga bulu ayam ini dapat anda temukan pada jagung ataupun kacau hijau bila memungkinkan.

Nantinya bulu-bulu yang rusak hanya akan tinggal menunggu waktunya akan rontok dari tubuh ayam dan diganti dengan bulu baru dengan kualitas yang terbaik atas hasil pemberian pakan yang tepat.

2. Melalui Cara Pencabutan dan Penumbuhan Ulang
Cara yang kedua merupakan salah satu cara yang biasanya dilakukan oleh para sesepuh sabung ayam yang ada di Indonesia. Pencabutan bulu kerap dilakukan oleh para sesepuh agar ayam petarungnya nanti akan mengeluarkan bulu yang baru yang lebih berkualitas. Bulu yang sudah terlihat rusak dengan tulangan yang terlalu besar bisa menyebabkan pori ayam menjadi lebih besar dan apabila tertusuk bisa membuat ayam kesakitan.

Namun untuk melakukan hal ini juga tidak boleh sembarangan. Anda tidak boleh mencabut bulu-bulu ayam petarung dalam jumlah yang banyak dan secara paksa. Karena bila seperti itu akan menyebabkan ayam anda merasakan rasa sakit yang menyakitkan sekali bagi tubuhnya. Anda harus bisa memilih bulu-bulu yang sudah memiliki kondisi yang goyang dan longgar pada bulu ayam agar nantinya ketika dicabut tidak menyebabkan rasa sakit yang amat menyakitkan bagi ayam.

Setelah anda melakukan hal ini, maka selanjutnya anda dapat memberikan perawatan seperti yang dilakukan cara pertama, yaitu dengan memberikan pakan yang mengandung banyak kandungan yang dapat membantu pertumbuhan bulu ayam dengan kualitas yang lebih baik pula.

Leave a Reply