^ Ciri Sisik Ayam Aduan Bangkok Kualitas Paling Mantap ^

November 8th, 2017

Memilih ayam petarung bangkok yang berkualitas memang bukan sebuah hal yang mudah, terdapat banyak pertimbangan yang harus kita ketahui serta perhatikan layak apa tidak layaknya ayam aduan untuk dijadikan sebagai jagoan. Selain bisa dilihat dari gaya serta teknik tarungnnya ayam aduan bangkok yang berkualitas juga bisa diidentifikasikan langsung dari beberapa ciri kenampakan fisiknya serta katuranggannya, misalnya dari kaki ayam aduan bangkok tersebut.

 

* Bentuk Pahanya

Ayam aduan bangkok yang berkelas juara pada umumnya mempunyai paha yang bentuknya gepeng atau pipih, apabila dilihat dari depan. Bentuk paha yang mirip dengan paha belalang ini akan menunjang sabung ayam aduan bangkok supaya luwes dalam pergerakannya serta melakukan manuver serangan serta pukulan pada udaranya.

 

* Otot Pahanya

Paha yang piphi atau gepeng memang adalah merupakan salah satu ciri kaki ayam aduan bangkok yang berkualitas, tetapi bukan berarti pada otot paha tersebut harus kecil. Pada otot paha ayam aduan bangkok berkualitas harus padat, kuat serta besar. Otot paha yang seperti itu biasanya terlihat nongol apabila pahanya dilihat dari pangkalnya dari samping. Otot paha ayam aduan yang besar akan sangat menunjang kekuatan ayam aduan dalam bermanuver.

 

* Lutu Kakinya

Pada bagian kaki ayam aduan bangkok yang satu ini memang jarang sekali diperhatikan oleh para penggemar ayam aduan disaat akan memilih atau membeli ayam aduan bangkok kesayangannya. Padahal bagian lutut juga sangat menopang ayam aduan bangkok disaat melakukan pergerakan melompatnya.

 

* Warna Kakinya

Warna pada kakinya juga dapat menjadi salah satu ciri ayam aduan bangkok yang berkualitas. Ayam aduan bangkok yang istimewa pada umumnya mempunyai warna kaki yang tembus yang serupa dengan warna paruhnya serta warna yang mengitari pada kornea matanya. Warna kaki ayam aduan yang tembus biasanya menjadi penanda bahwa ayam aduan tersebut mempunyai tingkat fokus yang sangat tinggi, kepercayaan diri yang bagus, serta bermental sangat tangguh.

 

* Ukuran Kakinya

Ukuran pada kaki ayam aduan bangkok yang berkelas biasanya akan sebanding dengan ukuran pada tubuhnya.

 

* Pergelangan Kakinya

Ukuran pada pergelangan kaki ayam aduan juga dapat menjadi sebuah indikator tingkat kekuatan pukulannya. Pergelangan kaki pada bagian bawah yang ukurannya lebih besar daripada bagian tengah serta bagian atasnya pada umumnya akan menghasilkan sebuah pukulan yang sangat kuat.

 

Baca Juga : Inilah Bentuk Kepala Ayam Bangkok Berkualitas

 

* Bentuk Tulangan Kakinya

Terdapat 2 jenis bentuk tulangan kakinya, yaitu bentuk yang membulat serta bentuk yang persegi (lekukannya tampak jelas). Kedua jenis bentuk tulangan kaki ini sebenarnya tidak dapat menjadi patokan kekuatan pada pukulan ayam aduan, dikarenakan mereka mempunyai kelebihannya masing-masing.

Leave a Reply