Ciri-Ciri Utama Ayam Bangkok Asli

July 9th, 2017

Pentingnya untuk mengetahui mengenai ciri-ciri utama dari ayam bangkok asli F1, sering menjadi permasalahan bagi para pesabung ayam dalam hal memilih ayam bangkok yang asli.

Ayam bangkok yang asli dan ayam bangkok hasil kawin silang dengan ayam petarung yang lain, sebenarnya dapat dibedakan dengan memperhatikan dan mengenali beberapa ciri utama ayam bangkok asli.

Berikut di bawah ini adalah ciri-ciri utama dari ayam bangkok yang asli, silahkan disimak:

  1. Warna Pangkal Bulu Sayap

Jika tidak diperhatikan dengan seksama, maka tidak akan terlihat perbedaan yang menyolok dengan warna bulu di badan ayam bangkok tersebut. Perbedaan sebenarnya terletak pada warna pangkal bulu pada sayapnya. Ayam bangkok yang asli memiliki bulu pangkal yang berwarna kekuning-kuningan, dan warna pangkal inilah yang menjadi ciri utama dari khas ayam bangkok asli.

Warna pangkal bulu yang kekuning-kuningan ini disebut juga dengan khemine yang berfungsi sebagai penguat agar bulu ayam tidak mudah patah dan rontok dalam menghadapi perubahan iklim dan menjaga terbebas dari gangguan kutu di bulunya.

  1. Struktur Pertulangan

Warna pangkal pada bulu memang merupakan ciri yang utama pada ayam bangkok asli. Selain itu struktur pertulangan juga merupakan ciri yang khas pada ayam bangkok asli. Ayam bangkok yang asli mempunyai struktur tulang yang lebih padat dibandingkan dengan ayam lokal. Untuk dapat mengetahuinya dapat dilakukan dengan cara memegang bagian dada pada ayam tersebut. Tulang dada ayam bangkok asli akan terasa kasar dan lebih keras.

  1. Gaya Dalam Bertarung

Pada umumnya ayam bangkok asli memiliki gaya bertarung lebih cenderung dengan teknik kontrol dan mengunci, serta sangat jarang bertarung dengan teknik bongkar sayap atau teknik lari dan berbalik menyerang.

  1. Mental Dalam Bertarung

Inilah ciri khas yang terakhir dari empat ciri utama ayam bangkok yang asli. Ayam bangkok yang asli memiliki mental bertarung yang sangat kuat, sangat berani dan pantang menyerah, bahkan pada saat bertarung dengan lawan yang berpostur tubuh lebih besar sekalipun.

Sekian dari informasi yang dapat kami sampaikan mengenai ciri-ciri utama ayam bangkok asli, semoga dengan informasi ini dapat bermanfaat untuk Anda dan dapat menambah wawasan Anda mengenai dunia sabung ayam.

Leave a Reply