^ Cerita Kesuksesan Dari Seorang Peternak Ayam Aduan Siam ^

December 7th, 2017

Memiliki Sebuah Usaha Ayam Aduan Juga Dapat Membuat Para Penghobi Ayam Menjadi Sukses

Untuk anda para pecinta sabung ayam aduan tentunya telah mengetahui bahwa beternak ayam laga adalah merupakan sebuah hobi yang sangat menyenangkan serta dapat menghasilkan uang tambahan dari hobi tersebut. Supaya bisa menambah nilai jual dari ayam petarung, sebagian penghobi ayam aduan biasanya menambahkan makanan ekstra dengan berbagai vitamin supaya ayam yang dirawat akan menjadi ayam aduan unggulan. Dengan cara memberikan tambahan makanan serta merawatnya dengan benar, maka hasilnya juga akan sesuai dengan nilai jual pada ayam tersebut.

 

Kisah Sukses Dari Seorang Peternak Ayam Petarung Siam

 

Ismail Andi, adalah merupakan seorang peternak ayam laga yang berasal dari kota medan. Dirinya telah beternak ayam aduan bangkok sejak lama, serta sangat menggemari ayam petarung dikarenakan dengan beternak ayam aduan bangkok penghasilannya juga bertambah banyak. Mempunyai usaha ayam aduan bangkok ternyata lebih menguntungkan untuknya dikarenakan dia juga memang mempunyai hobi dalam merawat ayam aduan bangkok. Ayam aduan yang dirawatnya mempunyai nilai jual yang hingga mencapai Rp 2 juta untuk seekor ayam aduan apabila ayam tersebut telah memenangkan pertandingan selama 2x terus-menerus. Dan bagi ayam yang masih anakan berusia 3 bulan bisa dijual dengan harga sebesar Rp 100 ribu.

Tinggi permintaan pasar terhadap ayam bangkok disaat ini membuat Ismail semakin bersemangat dengan usahanya yang sudah dia mulai semenjak 5 tahun lalu serta dia terus mengembangkan usahanya tersebut dekat daerah tempat tinggalnya. “Pada saat ini saya telah mempunyai sekitar 15 kotak kandang untuk ayam jantan serta 10 kotak kandang untuk ayam betina” ujar Ismail. Untuk beberapa bulan yang terakhir biasanya terdapat sekitar 2 hingga 3 ayam bangkok yang terjual pada setiap bulannya. Wak Is (sapaan bagi Ismail) umunya sangat telaten sekali dalam memperhatikan ayam yang dirawatnya serta untuk ayam yang berusia 8 bulan biasanya akan lebih diperhatikan lagi dikarenakan ayam tersebut biasanya telah siap untuk diturunkan dalam arena tarung.

“Ayam yang telah berusia 8 bulan biasa saya berikan tambahan antibiotik supaya sehat serta daya tahan tubuhnya lebih kuat, saya berikan vitamin serta mineral juga dalam bentuk kapsul. Kemudian saya juga berikan ayam terrsebut 1 butir kuning telur ayam kampung dalam setiap harinya selain jagung,” ujar Wak Is. Hingga saat ini Wak Is telah merawat ayam ternak sebanyak 20 ekor untuk ayam jantan serta belasan ekor untuk ayam betinanya yang tengah bertelur, dan anakan ayamnya yang masih berusia 1 minggu sampai 3 bulan. Dengan biaya kurang lebih sebanyak Rp 1 juta, Wak Is merawat ayam tersebut dengan membeli pakan pelet, obatan, telur serta jagung halus.

 

Baca Juga : Cara Paling Baik Untuk Beternak Ayam Hias Kate

 

Umumnya seekor ayam pejantan bisa mengawini 3 hingga 4 indukan ayam betina. Indukan yang sudah dikawinkan akan bertelur seminggu sesudah dikawinkan. Indukan ayam betina siam bangkok bertelur terbatas hanya sebanyak 5 sampai 6 butir saja. Dan, telur akan menetas sesuah dierami oleh induk betinanya selama 21 hari. Dikarenakan besarnya modal dalam proses pemeliharaan jenis ayam aduan yang dipeliharanya, Wak Is dibantu oleh beberapa investor, untuk hal keuntungannya akan diberikan dengan cara bagi hasil. “Saya diberikan bibit ayam anakan oleh beberapa pemilik, lalu untuk kandang serta pakannya saya membelinya sendiri. Hasil dari penjualan saya dibagi jadi dua,” ujar Wak Is. Untuk jenis usaha seperti Wak Is tersebut biasanya Wak Is mendapatkan penghasilan sebesar 2 hingga 3 juta rupiah perbulannya, itu sudah hasil dari bagi duanya.

Leave a Reply