Cara Yang Dapat Anda Lakukan Untuk Senantiasa Menjamin Kesehatan Ayam Petarung

September 22nd, 2017

Sabung ayam – Menjamin kesehatan ayam petarung anda untuk tetap terjaga bukanlah hal yang mudah dilakukan, karena setiap setiap saatnya ada saja hal yang bisa menyebabkan ayam anda terserang penyakit, mulai dari serangan hewan, cuaca, makanan, serta hal-hal lainnya.

Nah untuk itulah, bacaan kali ini akan menjadi penting sekali bagi diri anda, karena di sini akan dijelaskan secara gamblang bagaimana cara agar anda dapat senantiasa menjaga dan menjaminkan kesehatan yang dimiliki oleh ayam kesayangan anda tersebut, sehingga nantinya anda dapat menunjukkan kehebatan ayam anda dalam pertandingan sabung ayam dengan performa yang sempurna dan maksimal untuk meraih kemenangan bagi ayam tersebut dan diri anda juga sebagai peternak yang handal!

1. Pakan Ayam Petarung
Yang paling utama sekali adalah penentuan pakan yang tepat bagi ayam petarung anda. Seperti yang kita ketahui bahwa tiap jenis pakan ayam yang ada memilik kandungan nutrisi dan manfaat yang bervariasi, ada yang sama dan ada yang tidak. Jadi pastikan anda dapat memberikan pakan yang selain bagus untuk pertumbuhan ayam namun juga sangat bisa menjaga kesehatan dari ayam anda.

2. Kandang Ayam
Anda harus bisa memastikan bahwa kandang yang anda siapkan untuk ayam petarung anda memiliki kenyamanan dan keamanan yang baik bagi ayam anda. Nyaman dan aman dalam artian ayam dapat beristirahat tanpa perlu mengalami gangguan dari hal lainnya seperti suara ribut, guncangan, suhu udara serta gangguan dari hewan lainnya yang bisa saja menyerang dan melukai ayam kesayangan anda dan juga mengenai kebersihan kandang yang harus anda bersihkan pula dengan rutin.

3. Kebersihan Ayam
Ini juga tidak kalah pentingnya. Anda harus bisa mengetahui kapan anda harus membersihkan ayam anda, dan hal ini dapat anda lakukan dengan memandikannya. Selain bisa mengusir kumah yang hinggap, memandikan ayam juga sangat efektif sekali untuk membuat ayam petarung anda menjadi segar dan bersemangat.

4. Pemberian Imunisasi / Jamu Nutrisi
Imunisasi memang telah dilakukan oleh para peternak ayam yang memiliki ayam petarung agar dapat mencegah terserang penyakit. Namun tentu saja hal seperti ini belum tentu dapat dilakukan oleh seluruh peternak ayam, karena bisa saja terdapat kendala terhadap persediaan dan akses untuk mendapatkan imunisasi tersebut. Jadi, cara lain yang dapat anda berikan adalah dengan diberikan jamu penjaga kesehatan seperti larutan air hangat yang berasal dari campuran bahan alami dan herbal.

Ayam anda bisa memiliki kesehatan yang lebih terjamin dan siap untuk meladeni duel sabung ayam yang anda berikan kepada ayam unggulan anda tersebut di saat kondisi tubuhnya sehat dan prima. Ayam dapat bertarung dengan sempurna dan bersemangat ketika bertarung dengan tubuhnya yang bebas dari penyakit. Maka sebaiknya lakukanlah cara yang telah disebutkan di atas ini agar ayam anda senantiasa sehat kondisinya.

Leave a Reply