Cara Tepat Merawat Ayam Petarung Yang Sedang Mabung

January 6th, 2018

Cara Tepat Merawat Ayam Petarung Yang Sedang Mabung

Sabung Ayam – Yang namanya seekor ayam petarung itu pasti akan mengalami masa pergantian bulu setiap tahunnya atau yang biasa disebut juga dengan istilah mabung. Seorang pemilik ayam yang baik tentunya harus mengetahui proses pergantian bulu yang satu ini. Karena di masa ini, ayam akan lebih banyak membutuhkan berbagai macam asupan protein dan mineral yang lebih banyak daripada biasanya. Maka dari itu, Anda harus mengetahui lebih dalam mengenai proses yang satu ini.

Berikut di bawah ini akan kami berikan Anda cara tepat merawat ayam petarung yang sedang mabung, yakni sebagai berikut:

  1. Awal Masa Mabung

Di awal masa mabung ini sebaiknya Anda mencabut bulunya yang sudah mati, yang putih, dan yang patah. Lalu Anda bisa berikan pakan campuran pur dan nasi untuk mempercepat proses mabungnya ini. Karena di masa ini, ayam lebih membutuhkan pakan yang bergizi dan asupan mineral dan vitamin yang cukup. Maka dari itulah, Anda harus mempersiapkan semuanya dengan siap jauh hari sebelum ayam tersebut memasuki masa mabungnya.

  1. Pertengahan Masa Mabung

Di masa ini adalah masa dimana bulu – bulu baru akan tumbuh. Di sini ayam lebih membutuhkan kandungan protein, mineral dan vitamin yang cukup. Ketika bulu – bulu baru tersebut sudah mulai tumbuh, maka pemberian pur ini bisa Anda hentikan dengan menggantinya dengan memberikan beras merah yang sudah direndam dan juga dicampur dengan nasi. Anda juga harus memberikannya suntikan vitamin B12 dan B complex padanya sebanyak seminggu sekali.

 

Cara Tepat Merawat Ayam Petarung Yang Sedang Mabung

 

Anda juga tidak perlu sering mengumbarnya, cukup berikan sebanyak 3 hari sekali atau seminggu sekali saja supaya ayam tersebut bisa mengepakkan sayapnya yang kaku. Apabila Anda ingin memegangnya pada masa mabung ini, maka Anda harus memegangnya dengan sangat hati – hati karena bulu – bulu tersebut masih rawan sekali.

  1. Kandang

Inilah merupakan salah satu hal yang paling penting dalam merawatnya yaitu kebersihan kandang. Kami sarankan Anda selalu membersihkan kandangnya dan menempatkannya di tempat gelap yang terhindari dari sinar matahari secara langsung. Karena hal ini akan mempercepat proses mabungnya.

Baca Ini : Latihan Fisik Dan Mental Yang Bagus Untuk Ayam Petarung

Semoga dengan informasi mengenai cara tepat merawat ayam petarung yang sedang mabung ini bisa menambah wawasan Anda mengenai dunia sabung ayam.

Leave a Reply