Cara Tepat Melakukan Perawatan Dan Penyembuhan Pada Ayam Petarung Seusai Sabung Ayam

July 27th, 2017

Saat ayam selesai melakoni pertarungan sabung ayam, tentunya ayam tersebut akan mendapatkan berbagai macam luka yang ada di sekelujur tubuhnya. Baik itu luka di fisiknya maupun di bagian dalam tubuhnya. Tentunya sebagai pemilik dari ayam tersebut, pasti akan melakukan perawatan untuk menyembuhkan dan memulihkan kembali ayam kesayangannya. Sehingga dibutuhkan penanganan yang serius dan tepat untuk dapat merawat luka-luka tersebut sehingga ayam tersebut dapat berlatih kembali dan siap untuk bertarung kembali.

Untuk itu, dibawah ini akan dijelaskan secara lengkap bagaimana cara untuk merawat dan menyembuhkan ayam petarung ketika selesai bertarung :

1. Perawatan Luka Luar

Luka-luka yang terdapat pada bagian tubuh ayam mesti dibersihkan terlebih dahulu menggunakan obat merah (betadine), revanol ataupun yodium sebagai antiseptik. Selain itu anda juga dapat menggunakan abothil atau medisio yang tentunya dijual di toko pakan ayam.

Keadaan saat ayam petarung terus mengeluarkan darah dari lukanya, anda dapat menggunakan bubuk kopi lalu ditempelkan pada luka tersebut. Untuk mengatasi luka sobek yang besar akibat serangan taji, anda mesti menjahit luka sobek tersebut. Saat luka berhasil dijahit, bagian luka tersebut mesti diolesi obat antibiotik, baik itu alami atau produk medis untuk mencegah infeksi serta mempersingkat penyembuhan luka.

Untuk penyembuhan menggunakan obat antibiotik alami seperti kunyit. Caranya dengan memparut kunyit lalu dioleskan ke bagian yang terluka tersebut. Pemberian kunyit dapat diberikan pada pagi dan sore hari apabila luka yang diderita ayam cukup parah. Untuk penyembuhan luka tusukan taji yang dalam perlu disuntikkan antibiotik cair disekitar bagian yang terluka tersebut.

2. Perawatan Luka Dalam

Untuk penyembuhan luka dalam dapat dilakukan dengan memberikan satu biji/tablet obat antibiotik pada ayam tersebut. Pemberian obat tersebut dapat menunjang kerja penyembuhan luka luar dari dalam.

Selain itu, bahan alami yang dapat juga digunakan seperti parutan jahe, kunyit, dan juga gula merah. Bahan alami tersebut dapat mencegah terjadinya gangguan pada pencernaan ayam petarung.

3. Perawatan Paruh Rusak

Disaat paruh ayam petarung bisa goyang ataupun lepas, maka anda perlu memasang atau merapikan kembali paruh tersebut dengan cara mengaitkannya dengan benang ke jengger ayam. Berikanlah kunyit ataupun salet pada paruh tersebut dalam keadaan yang bersih. Paruh ayam yang asli mesti dipasang kembali, karena paruh ayam yang baru tumbuh setelah copot akan menghasilkan paruh yang cacat bentuk dan tidak terarah.

4. Perawatan Mata

Apabila mata ayam petarung tersebut terkena taji atau pukulan, anda dapat berikan cairan dari cabe merah. Meskipun sangat pedas dan perih bagi ayam, namun cairan cabe terbukti cepat dalam menyembuhkan luka mata pada ayam petarung. Selain itu juga boleh diberikan salep antibiotik.

5. Perawatan Otot dan Kaki

Selepas ayam melakoni pertarung sabung ayam, anda perlu sekali untuk melemaskan otot-otot yang terdapat pada ayam anda. Otot yang perlu dilemaskan adalah otot sayap, otot paha, otot kaki, dan juga otot leher ayam petarung tersebut. Bagian kaki merupakan yang paling penting, karena apabila tidak dilemaskan, efeknya bisa berimbas pada esok harinya, dimana ayam akan merasa kaku sekali untuk berjalan bahkan beresiko turun urat. Untuk mengobatinya dapat dioleskan tanpa diurut menggunakan obat seperti parutan jahe atau balsem gosok (GPU/geliga) pada bagian paha dan kaki ayam.

6. Pemberian Makan

Ayam yang terluka parah biasanya nafsu makannya akan berkurang. Untuk dapat menghadapi hal ini dapat diberikan cairan seperti gula merah larut, susu cair, dan ditambah dengan beberapa multivitami. Pemberian dapat dilakukan dengan menggunakan ujung alat suntik yang tidak terpasang jarum lalu mengeluarkan cairan tersebut untuk disuapkan kepada ayam tersebut.

7. Penempatan Kandang

Kandang ayam tersebut mesti dipisahkan dari ayam petarung lainnya. Bila dibutuhkan juga dapat didekatkan dengan kandang ayam betina sehingga dapat memicu gairah kejantanannya. Hal ini dapat mempercepat proses penyembuhan ayam terutama mentalnya.

Leave a Reply