Cara Menjinakkan Sifat Galak Ayam Terhadap Pemiliknya

July 27th, 2017

Para peternak ayam petarung pasti pernah mengalami dimana ayam petarung yang dimilikinya memiliki sifat yang liar dan ganas, bahkan kepada pemiliknya maupun orang disekelilingnya. Tentu saja hal ini tidak diinginkan oleh para peternak ayam. Karena para peternak ayam petarung selalu menginginkan ayam petarung yang jinak tetapi saat bertarung menjadi ayam yang sangat ganas dan galak terhadap lawan bertarungnya.

Ayam petarung yang jinak akan mempermudah pemiliknya untuk melakukan perawatan yang maksimal. Hal ini tentunya akan sulit dilakukan perawatan kepada ayam petarung yang ganas. Ayam petarung yang ganas pasti akan suka bergerak secara liar dan memberontak ketika disentuh oleh peternaknya. Ketika hal seperti itu terjadi, sangat rentan sekali bulu ayam akan copot secara kasar. Hal ini tentu bisa mempengaruhi fisik dan mental yang dimiliki oleh ayam tersebut saat di arena sabung ayam.

Nah, agar anda dapat mengatasi ayam anda yang seperti itu, anda dapat menggunakan beberapa cara yang terbukti efektif dan mudah dilakukan untuk menjinakkannya dan dapat merawat ayam tersebut dengan baik. Hal tersebut adalah dengan cara :

1. Menyuapi Makanan Pada Ayam Tersebut

Menyuapi makanan kepada ayam petarung yang liar dipercaya sangat ampuh sekali untuk menjinakkan ayam dalam waktu yang tergolong singkat. Menyuapi makanan dapat membuat ayam tersebut menjadi terbiasa dengan peternaknya, sehingga membuatnya menjadi tidak gugup dan merasa nyaman. Cara yang dapat anda lakukan adalah dengan memegang ayam tersebut, lalu suapilah ayam petarung tersebut dengan lembut. Selagi ayam sedang menelan makanan, anda dapat membelai tubuh ayam dengan ringan. Proses penjinakan dengan metode seperti ini biasanya akan berhasil dalam jangka satu minggu, tergantung bagaimana perawatan yang anda berikan.

2. Memegang Ayam Saat Berjemur

Hal ini mirip seperti saat memberikan makanan, bedanya adalah langkah ini dilakukan saat ayam sedang berjemur atau bermain. Anda dapat membiarkan ayam itu berjemur selama dua jam pada pagi dan sore hari. Saat itu, berikanlah sentuhan dan lambaian yang lembut kepada ayam. Sehingga ayam akan menjadi merasa nyaman dan tenang saat bersama anda.

3. Memandikan Ayam Setiap Sore

Saat anda memandikan ayam, tentu efek yang akan diterima ayam adalah tubuhnya menjadi segar. Selain itu saat memandikan ayam, ayam tentu akan anda bersihkan. Hal ini akan menyebabkan hubungan ayam petarung dengan pemiliknya menjadi lebih dekat.

Leave a Reply