Cara Mengatasi Penyakit Mengantuk Pada Ayam Petarung

November 11th, 2017

ayam petarung

sabungonlineindonesia.com

Sabung Ayam – Dalam kehidupan, yang namanya penyakit selalu saja bisa menyerang segala mahkluk hidup yang ada di dunia. Baik itu kita, manusia ataupun hewan-hewan seperti kucing, anjing hingga ayam.

Kali ini kita akan membahas penyakit yang menyerang ayam petarung kita, khususnya penyakit yang bisa sangat menghambat sang peternak untuk melatihkan ayamnya, yaitu penyakit mengantuk.

Penyakit mengantuk ini dapat menyerang ayam petarung kita sejak dari usia yang sangat muda hingga berusia dewasa. Penyakit mengantuk dapat kita lihat dengan jelas pada ayam kita pada bagian matanya yang akan sedikit berbusa dan hidung ayam tersebut akan mengeluarkan lendir. Akibat dari penyakit ini, ayam anda nantinya akan kehilangan nafsu makannya dan mengalami kelemasan karena tidak cukupnya konsumsi tubuh yang harus diterimanya.

Biasanya penyakit ini terjadi pada saat pergantian musim di Indonesia saat musim panas menjadi musim hujan ataupun sebaliknya. Kondisi seperti inilah yang membuat ayam kehilangan kekebalan tubuhnya yang sudah terbiasa dengan kondisi lingkungan disekitarnya selama hampir 6 bulan lamanya persetiap kali musim tersebut terjadi di negara kita.

Nah, agar ayam kita bisa dapat kembali lagi kita latihkan sebagai persiapan sebelum pertarungan sabung ayam akan anda ikuti, maka sebaiknya kita harus mengetahui bagaimana cara untuk mencegah agar ayam anda tidak terserang penyakit tersebut!

1. Kondisi Pengandangan Ayam
Untuk menghindari terjadinya penyakit ini, pastikanlah bahwa kandang ayam dalam kondisi yang bersih dan terbebas dari debu ataupun kondisi yang lembab. Kedua hal ini dapat langsung menyerang sistem pernafasan ayam sehingga membuat ayam ini mengalami gejala awalnya berupa bersin.

2. Pemberian Pakan Yang Sesuai
Untuk bisa mencegah dan menjaga kesehatan dari dalam, maka sebagai peternak kita mesti memberikan jenis pakan yang sesuai dengan kondisi musim saat itu. Berikan gabah atau makanan yang tinggi lemak pada musim hujan agar tubuh ayam bisa menjadi lebih hangat pada cuaca yang dingin dan berikan jagung pada ayam pada musim panas sehingga kandungan protein yang terkandung bisa melindungi kesehatan dari tubuh ayam.

3. Pemberian Jamu Khusus
Anda dapat memberikan beberapa jamu yang khusus dirancang untuk ayam petarung anda agar kondisi tubuhnya bisa tetap sehat seperti sedia kala. Jenis jamu dapat anda berikan berupa cairan jahe hangat ataupun madu yang dapat diberikan selama beberapa hari sekali untuk menjaga kesehatan ayam anda dengan sangat baik.

Leave a Reply