^ Cara Mencegah Terserang Penyakit Pada Ayam Kalkun ^

September 9th, 2017

Mungkin sebagian besar para juragan sudah mengetahui berapa banyak jenis penyakit ayam ternak yang bisa membuat para juragan harus lebih berwaspada lagui terhadap hewan ternak yang para juragan miliki, salah satunya hewan ternak tersebut adalah ayam kalkun.

Ayam kalkun ini memiliki tubuh yang cukup besar, tak heran hanya itu ayam kalkun juga sangat berbeda dengan sabung ayam pada umumnya dan rawan terserang penyakit, terutama pada saat cuaca yang tidak menentu atau pada saat pergantian cuaca, hal itu tentunya membuat para juragan yang sedang mempeternakkan ayam kalkun harus lebih waspada lagi dan mengawasi dengan lebih teliti kondisi ayam sedang di ternak, karena bisa saja berbagai penyakit yang lain akan menyerang ayam kalkun tersebut.

Penyakit tersebut dapat menyerang unggas seperti ayam, bebek, entok bahkan yang lainnya. Namun di antaranya yang paling mengkhawatirkan apabila penyakit ini menyerang ayam kalkun karena hal terburuk apabila ayam petarung terkena penyakit ini bisa terjadi kematian. Terutama penyakit ini jgua dapat menular ke ayam lainnya, penularannya bisa dari berbagai hal seperti pengeraman telur, pada saat penetasan kotoran ternak, kandang yang sudah terinfeksi dan yang lainnya.

Dan apabila ayam kalkun sudah terkena penyakit tersebut maka akan timbulah gejala-gejala seperti lesu, ngantuk, kepalanya merunduk, menggigil, bagian lutut membengkak dan diare. Agar terhindar dari penyakit tersebut sebaiknya melakukan pencegahan terlebih dahulu sebelum terserang penyakit tersebut karena apabila ayam sudah terkena penyakit tersebut akan sangat sulituntuk penyembuhan walaupun ada juga yang bisa selamat dari penyakit tersebut.

 

Berikut Cara Mencegah Terserang Penyakit Pada Ayam Kalkun

 

1. Dengan cara melakukan sanitasi pada kandang ayam dengan memberi antiseptik dan melakukan pencegahan agar binatang lain masuk ke dalam lingkungan sekitarnya karena itu dapat membahayakan terjadinya penularan.

2. Di usahakan kandang di buat senyaman mungkin agar ayam tidak mengalami stres dan jumlah ayam dalam kandang seharusnya dibuat seimbang jangan sampai kelebihan ayam juga karena dapat memicu resiko tinggi terjadinya penularan dan di usakan jgua terdapat ventilasi udara yang baik agar aliran udara normal.

3. Peralatan pada kandang harus rutin di bersihkan dan di cuci juga minimal 4 hari sekali dengan antiseptik yang di rendam selama kurang lebih 30 menit saja, agar bakteri atau virus dapat di musnahkan.

 

Demikianlah penjelasan mengenai Cara Mencegah Terserang Penyakit Pada Ayam Kalkun yang dirangkum oleh sabungonlineindonesia.com. Semoga bermanfaat untuk anda semua.

Leave a Reply