Cara Melihat Ayam Bangkok Petarung Asli Yang Memiliki Kualitas Unggulan

August 8th, 2017

Ayam petarung yang unggul pasti akan memiliki beberapa ciri tersendiri yang dimilikinya secara khusus ataupun umum. Ciri yang khusus merupakan hal yang paling penting untuk dimiliki oleh ayam petarung ketimbang ciri umum yang biasanya dimiliki oleh ayam petarung lainnya pada umumnya. Ciri khusus yang dimiliki oleh ayam petarung unggulan pasti akan mempengaruhi performa ayam tersebut saat bertarung dalam arena sabung ayam. Ciri khusus fisik ayam seperti ukuran tubuh yang bulat dan panjang, kepala yang berbentuk seperti buah pinang, memiliki sayap yang panjang dan juga rapat, paha yang pipih dan bulat serta memiliki pangkal ekor yang kaku dan besar kokohh.

Sedangkan untuk ciri umum yang dimiliki oleh ayam petarung merupakan sebuah hal dapat dikesampingkan apabila ayam petarung anda memiliki keseluruhan ciri khusus yang telah disampaikan sebelumnya. Namun tetap saja, seekor ayam petarung yang memiliki keseluruhan ciri khusus dan umum dapat menjadikannya seekor ayam petarung unggulan yang sangat perkasa ketika bertarung. Ciri umum tersebut berupa memiliki dada yang bidang, leher yang tebal dan lurus, paruh yang tebal dan panjang, lutut kakinya yang menekuk, bulu ekor yang menjulang hingga ke tanah, kaki kering dipenuhi oleh sisik yang rapi.

Untuk menemukan seekor ayam petarung yang dilengkapi oleh seluruh ciri diatas memang merupakan hal yang sangat sulit, namun tidak mustahil untuk ditemukan oleh anda. Anda dapat membentuk ayam petarung yang sekarang anda miliki dahulu dengan sempurna, lalu dijadikan seekor induk ayam jantan untuk menghasilkan keturunan yang bisa memiliki ciri yang lebih sempurna daripada induknya.

Menemukan ayam petarung khususnya ayam bangkok yang unggulan juga dapat dilakukan dengan mencari ayam bangkok yang berasal dari gen ataupun keturunan ayam bangkok asli. Karena satu-satunya ayam yang memiliki bentuk tubuh dan kemampuan bertarung paling sempurna hanya bisa didapatkan dari ayam petarung bangkok keturunan asli tanpa adanya percampuran dengan ayam jenis lainnya pada pembiakannya. Ciri dari ayam bangkok asli tersebut adalah memiliki tubuh yang panjang dan dilengkapi oleh tulang yang kasar, keras dan kaku. Selain itu suara kokok yang dimilikinya pendek namun sangat keras dan juga memiliki warna bulu pangkal paha belakang yang sama dengan bulu bagian punggungnya.

Ayam petarung bangkok asli unggulan pada pupil matanya memiliki pendar berwarna kuning. Hal yang membedakannya dengan ayam bangkok lainnya adalah ayam bangkok asli memiliki tulang yang sangat keras dan rapat. Hal ini tentu saja akan sangat mempengaruhi kekuatan dan kemampuan ayam bangkok tersebut saat sedang berada dalam arena sabung ayam. Untuk lebih jelasnya, anda dapat memperhatikan hal-hal di bawah ini secara jelas :

1. Tulang sambungan antara kepala dan leher lebih baik tidak menonjol.
2. Saat ayam tersebut memiliki ruas tulang leher yang semakin rapat, maka semakin bagus kualitas yang dimilikinya.
3. Makin rapat celah sambungan leher dan bahu semakin baik.
4. Makin tebal tulang sayap dalam semakin baik.
5. Makin bulat (tidak bidang) tulang pinggul semakin baik.
6. Makin lebar tulang dada semakin baik.
7. Jarak antara supit dengan tulang dada belakangnya akan semakin dekat.
8. Makin rapat tulang supit semakin baik.

Leave a Reply