Cara Aman Untuk Merapihkan Ataupun Memendekkan Jalu Ayam Petarung

August 19th, 2017

Jalu yang panjang dan keras dapat menjadi senjata mematikan bagi ayam petarung yang memilikinya. Ayam yang memiliki jalu seperti itu tentunya akan sangat menguntungkan sekali saat sedang bertarung di arena sabung ayam, karena apabila jalu berhasil menyerang bagian vital lawan, maka akan menyebabkan luka serius bahkan kematian bagi ayam lawannya. Sehingga dengan begitu ayam tersebut akan keluar sebagai pemenang.

Nah yang perlu diketahui juga adalah saat jalu yang dimiliki ayam petarung anda terlalu panjang dan arahnya sudah mulai tidak teratur, maka sebagai peternak ayam tersebut haruslah kita rapikan kembali sehingga jalu tersebut tetap dapat difungsikan secara sempurna oleh ayam petarung anda sebagai senjata andalan untuk mengalahkan lawan-lawan tarungnya. Jalu yang terlalu panjang bisa saja secara tidak sengaja mengenai tubuh ayam petarung anda saat sedang duduk ataupun istirahat, selain itu juga jalu yang terlalu panjang biasanya kerap saling bertabrakan sehingga ini akan menghambat ayam tersebut ketika berjalan.

Untuk itu, dibawah ini akan dijelaskan beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk bisa merapihkan jalu yang dimiliki ayam anda sehingga nantinya dapat digunakan secara efisien dan maksimal oleh ayam petarung anda!

Sebelum memulai kegiatan memendekkan jalu ayam, anda perlu menyiapkan beberapa alat yang nantinya memiliki fungsi masing-masing, seperti :

1. Korek api gas untuk memanaskan jalu yang ada pada ayam anda.
2. Tang untuk mencabut jalu yang sudah dipanaskan tersebut.
3. Perban untuk membungkus bagian jalu ayam yang baru saja dicabut.

Untuk proses pencabutannya dapat anda lakukan dengan langkah berikut ini :

1. Pertama-tama anda harus menahan kedua kaki ayam anda dengan erat dan sempurna. Lalu hadapkan tubuh ayam kearah bagian anda.

2. Kemudian anda gunakan korek yang anda miliki untuk memanaskan jalu yang ingin anda pendekkan yang kemudian dapat anda cabut dengan menggunakan tang yang anda miliki tersebut. Ayam biasanya akan kaget pada proses ini, jadi anda harus memastikan diri anda untuk dapat menahan kaki ayam dengan erat.

3. Untuk proses pencabutan jalu dilakukan dengan memutar tang kearah satu bulatan penuh dengan perlahan, sehingga bagian jalu yang lainnya tidak terkena dampak dari proses pencabutan ini. Karena jalu yang ingin anda cabut dapat anda atur sesuka hati anda.

4. Selanjutnya anda perlu memperban bagian jalu yang sudah anda pendekkan tersebut dengan menggunakan perban yang telah anda sediakan untuk menghindar infeksi dan juga mempercepat proses pengeringan luka.

5. Lalu yang terakhir setelah anda biarkan selama beberapa hari dan jalu sudah terlihat lebih kering, maka anda dapat melepaskan perban yang dibungkus pada jalu ayam petarung anda. Anda tinggal memberikan perawatan seperti biasanya pada ayam petarung anda hingga nantinya jalu akan tumbuh kembali secara sempurna dan siap untuk digunakan sebagai senjata utama dalam pertarungan sabung ayam yang dilakukannya.

Leave a Reply