^ Bulu Serta Suara Ayam Bekisar Hybrid Yang Khas ^

January 26th, 2018

Perkawinan Antara Ayam Hutan Hijau Pejantan Dengan Ayam Kampung Betina Untuk Menghasilkan Bekisar Yang Lebih Indah

Ayam Bekisar adalah merupakan keturunan F1 hasil dari perkawinan ayam hutan pejantan (Gallus varius) dengan ayam kampung betina (Gallus gallus domesticus). Bekisar telah dibudidayakan sebagai ayam kesayangan supaya menghasilkan ayam hias yang bulunya indah, serta terutama untuk memperoleh keindahan suaranya dengan suara kokok yang mampu memikat. Namun sayangnya, ayam petarung jenis satu ini meskipun memiliki suara kokok yang indah, tapi masih tetap mewarisi sifatnya yang mudah stres serta mudah mati sepreti ayam hutan pejantan. Tidak heran apabila banyak pihak mencoba untuk mencari persilangan genetik pada ayam bekisar yang terbaik. “Penemu” ayam bekisar yiatu masyarakat sebuah pulau Kangean di sebelah Tenggara pulau Madura.

Didaerah sana masyarakat dengan cara iseng mengawinkan ayam kampung betina mereka dengan ayam hutan hijau pejantan. Cara dalam perkawinan ala Kangean tersebut sangatlah unik. Kebetulan mereka telah memiliki ayam hutan hijau pejantan yang relatif jinak. Sampai pemeliharaannya hanya cukup dengan mengikat salah satu kakinya dengan sebuah tali kain. Pada ayam hutan hijau pejantan tersebut didekatkan dengan ayam hutan hijau betina. Sesudah ayam hutan hijau pejantan tersebut bermaksud untuk mengawininya, maka disusuplah ayam kampung induk betina dibawah ayam hutan betina tersebut. Untuk itu, suatu lubang dangkal sudah dipersiapkan pada “lokasi perkawinan” tersebut. Dikarenakan teknik perkawinan ala Kangean tersebut sangat rumit sekali, maka dikembangkan sebuah teknik perkawinan ala Surakarta.

 

 

 

Disini, ayam hutan hijau pejantan ditempatkan dalam satu kurungan dengan ayam kampung betina. Mulanya mereka ditempatkan dalam dua kurungan yang beda, namun ditempatkan berdekatan. Sesudah tampak bahwa ayam hutan penjantan tersebut naksir, barulah mereka dipersatukan. Perkawinan ala Surakarta tersebut terjadi dengan cara alamiah. Kendalanya, ayam hutan pejantan hanya ingin naksir ayam kampung betina yang perawakannya kecil (mirip dengan ayam hutan betina) serta yang warna bulunya “lurik” coklat abu-abu. Teknik perkawinan untuk menghasilkan sabung ayam ayam bekisar dengna cara yang mutakhir yaitu dengan cara kawin suntik.

 

Baca Juga : Sisi Kaki Buaya Ayam Petarung Serta Keistimewaannya

 

Penyilangan tersebut perlu terus-terusan dilakukan supaya menghasilkan bekisar, karena hasil dari silangan ayam hutan dengan ayam kampung biasanya akan selalu mandul. Hingga saat ini, bekisar masih tetap diproduksi oleh para penangkar. Tetapi “gaungnya” dalam masyarakat telah tidak seperti disaat tahun 1980-an. Di lain pihaknya, muncul juga upaya untuk melestarikan keberadaannya ayam hutan hijau yang habitat aslinya makin rusak. Upaya tersebut adalah dengan “domestifikasi”. Salah satu institut yang telah mulai terlihat berhasil menjinakkan ayam hutan hijau yaitu Taman Burung Taman Mini Indonesia Indah di kota Jakarta.

Leave a Reply