Berbagai Ayam Unik di Dunia Part 1

February 13th, 2017

Ayam adalah hewan yang cukup banyak dipelihara. Ini karena ayam memiliki banyak sekali manfaat seperti diambil dagingnya, telurnya, ataupun menjadi ayam petarung dan ayam hias. Di dunia banyak jenis-jenis ayam unik, yang cukup diminati karena keunikan tersebut. Harga perekornya rata-rata memiliki nilai jutaan rupiah untuk jenis unik.

Nah, apa saja ayam-ayam unik tersebut selain ayam petarung? Mari kita baca ulasan di bawah ini.

  1. Ayam Telanjang / Naked Chicken
    Ilmuan asal israel, Avigdor Vahaner, adalah orang yang mengembangkan spesies ini. Ayam ini adlaah perpaduan antara ayam ras featherless neck dengan ayam broiler. Sebenarnya ide untuk  mengembangbiakkan ayam ini adalah untuk efisiensi di tempat penyembelihan karena menghemat waktu untuk mencabut bulu.
    Sayangnya ayam jantannya sangat sulit untuk kawin karena ketidakhadiran bulu di tubuhnya yang membuatnya tidak dapat menjaga keseimbangan. Lalu ayam betina cukup rentan pada penyakit kulit, parasit, serangan nyamuk, sengatan matahari dan perubahan suhu.
    ayam petarung
  2. Ayam Silkie
    Silkie ini sangat cantik, indah, bulunya halus sekali seperti boneka. Keunikan selain dari bulunya adalah kulit asli dibalik bulu indahnya ini berwarna gelap kebiruan, dan dagingnya pun berwarna gelap serta tulang dan beberapa organ dalam lainnya juga berwarna gelap pekat.
    Walaupun di Eropa dan Amerika maupun di Australia ayam ini biasanya dipelihara sebagai ayam hias, tetapi berbeda di Tiongkok dimana ayam ini dijadikan sebagai bahan konsumsi. Ayam ini dianggap sebagai ayam super, dan digunakan sebagai obat. Hal ini sudah dipercaya sejak abad ke 7-8 Masehi.
    ayam Silkie
  3. Ayam Onagadori
    Ayam ini berasal dari Jepang. Nama Onagadori merupakan pemberian nama tertinggi untuk seekor ayam di Jepang. Ayam ini sangat unik sampai membuat pemerintah jepang melestarikan dan menjadikan uggas ini sebagai hewan yang dilindungi. Keunikan ayam ini adalah bulunya yang panjang dapat mencapai 10 meter.
    ayam unik
  4. Ayam Cemani
    Ayam terakhir ini adalah ayam asli dari Indonesia. Terkenal karena tubuhnya yang hitam legam. Namun, tidak hanya bulu saja, tetapi seluruh element tubuhnya berwarna hitam !
    Mulai dari bulu, kulit, bola mata, lingkar mata, jeroan, lidah serta tulang. Bahkan darahnya pun berwarna sangat gelap, berbeda sekali dengan ayam pada umumnya.
    Sayangnya, ayam asli indonesia ini bisa terbilang langka dan hampir punah. Tetapi untungnya ada sebagian kelompok masyarakat yang mengembang biakkan dan memelihara ayam ini. Cemani dipercaya oleh masyarakat jawa mempunyai kekuatan magis yang kuat.
    ayam hias cemani

Leave a Reply