Beragam Macam Teknik Bertarung Yang Terdapat Pada Ayam Bangkok

September 19th, 2017

Para pecinta sabung ayam tentu saja sudah mengetahui dengan jelas mengenai teknik bertarung yang terdapat pada ayam bangkok. Teknik bertarung tersebut antara lain adalah teknik ngalung, kontrol, gulung pukul, kuda lari, teknik bawah, dan lain sejenisnya.

Teknik bertarung yang terdapat pada ayam bangkok awalnya sangat monoton yaitu dengan cara menempel dan mengadu leher dengan mengigit lawan terlebih dahulu dengan menggunakan paruhnya.

Sekarang sudah banyak sekali ayam bangkok yang dikawin silangkan dengan ayam saigon dan ayam burma. Sehingga banyak sekali teknik bertarung yang baru yang berasal dari hasil kawin silang tersebut. Beberapa contoh adalah ayam saigon yang berasal dari Vietnam yang mampu menggunakan teknik bertarung kuda lari ayam burma.

Oleh karena itu pada kesempatan kal ini, kami akan mengulas beberapa informasi mengenai beragam macam teknik bertarung yang terdapat pada ayam bangkok yang bisa Anda simak berikut ini:

  1. Teknik Tipe Pukul

Ayam bangkok yang memiliki teknik tipe pukul ini merupakan ayam bangkok yang lebih banyak mengelak dari serangan patokan dan pukulan yang dilancarkan oleh lawannya. Walaupun begitu, ayam petarung yang memiliki teknik tipe pukul ini sangatlah pintar dalam menghindar dan juga meluncurkan serangan balik ke lawannya. Bahkan seringkali ayam bangkok tersebut masuk kebawah sayap dan kepalannya bisa turun sampai menyentuh tanah.

Biasanya, ayam bangkok yang memiliki teknik tipe pukul ini jarang cedera pada bagian wajahnya. Akan tetapi, kekurangannya adalah ayam bangkok ini sangat jarang meluncurkan serangannya sehingga biasanya akan memakan waktu bertarung yang lama.

  1. Teknik Kontrol

Ayam bangkok yang memiliki teknik kontrol adalah ayam bangkok yang selalu mengendalukan ataupun mengontrol kepala lawannya dengan cara selalu mengikuti gerakan kepala lawannya. Biasanya ini dilakukan pada posisi di tengah arena pertarungan sabung ayam sementara lawan akan berputar mengelilingi ayam bangkok ini. Biasanya ayam bangkok ini akan menggunakan satu kakinya sebagai tumpunag untuk berputar sehingga gerakannya terlihat santai. Ayam bangkok yang memiliki teknik kontrol ini biasanya bisa menyerang lawannya  dengan menggunakan paruhnya dari segala arah.

  1. Teknik Ngalung Atau Kunci

Ayam bangkok yang memiliki teknik bertarung yang satu ini biasanya sangat sering mengunci leher lawannya dengan cara menindih lawannya dan mengakibatkan lawannya kehilangan arah. Dengan mengunci leher lawannya, maka ayam bangkok ini akan menutup kemungkinan lawan untuk menyerang. Ayam bangkok dengan teknik ngalung ini merupakan salah satu ayam bangkok yang favorit di dalam kalangan para pecinta sabung ayam pada umumnya. Akan tetapi, untuk menggunakan teknik bertarung ini ayam bangkok tersebut harus memiliki leher yang kuat dan tulang leher yang rapat supaya kunciannya tidak mudah untuk dilepas.

  1. Teknik Jorok

Ayam bangkok yang memiliki teknik jorok adalah sebutan untuk ayam bangkok yang terlihat sembarangan dalam mematuk. Ayam bangkok ini biasanya akan mematuk tanpa mengetahui arahnya, mulai dari kepala, sayap, punggung, leher atau bagian apapun yang dekat dengan jarak serangan paruhnya. Pukulan kaki akan menjadi serangannya yang kedua, teknik bertarung ini mungkin terlihat lemah, akan tetapi sebenarnya teknik bertarung seperti ini malah akan memaksa lawannya untuk memainkan permainannya dan merusak teknik bertarung lawannya sehingga secara tidak sadar akan melupakan teknik bertarungnya.

  1. Teknik Campuran Yang Berubah – Ubah

Lumayan banyak juga ayam bangkok yang baru bisa menguasai teknik bawaan aslinya jika sudah dilatih secara benar dengan stamina yang mencukupi. Jika tidak terlatih secara benar, maka teknik – teknik bertarung tersebut tidak akan bisa maksimal dan akan cepat dilupakannya. Kadang – kadang ayam bangkok yang terkena serangan beruntun akan melupakan teknik bertarungnya secara tidak sadar dan menjadi menyerang secara sembarangan. Hal ini berlaku untuk semua jenis ayam petarung, jika sudah terkena pukulan yang beruntung, maka akan terdiam serta akan kehilangan mentalnya juga dan akhirnya akan menjadi lupa terhadap teknik bertarungnya.

Sekian dari informasi yang dapat kami sampaikan mengenai beragam macam teknik bertarung yang terdapat pada ayam bangkok, semoga dengan informasi ini bisa bermanfaat untuk Anda serta bisa memperluas wawasan Anda mengenai dunia sabung ayam.

Leave a Reply