Beberapa Jenis Ayam Petarung Yang Menjadi Peserta Pertarungan Sabung Ayam

July 31st, 2017

Bila mendengar sabung ayam, maka ayam petarung yang menjadi unggulan para pecinta sabung ayam adalah ayam jenis bangkok. Tidak heran bila mereka memilih ayam bangkok, karena ayam ini memang memiliki kemampuan bertarung diatas ayam jenis lainnya. Kepopuleran ayam ini bahkan sudah merambat hingga seluruh dunia. Namun, selain ayam bangkok, sebenarnya terdapat berbagai macam jenis ayam yang memiliki kemampuan bertarung yang baik, yaitu :

1. Ayam Bangkok

Ayam bangkok pantas ditempatkan sebagai yang terpopuler. Ayam dari Thailand yang namanya mengambil dari nama Kota Bangkok ini sudah terkenal sebagai ayam yang memiliki postur atletis, kuat secara fisik dan memiliki insting bertarung yang hebat. Bagi para peternak ayam petarung, ayam bangkok memang memiliki kemampuan yang terbaik diantara jenis ayam lainnya.

2. Ayam Brazilian

Jenis ayam ini berasal dari Brasil. Sabung ayam merupakan sebuah kegiatan yang cukup populer dan sering diadakan di beberapa daerah tertentu yang melegalkan ajang bertarung ini. Jadi dari sanalah memicu munculnya berbagai macam jenis baru ras ayam petarung yang dihasilkan oleh peternak lokal.

3. Ayam Birma

Ayam Burma berasal dari negara Myanmar (Burma) dan merupakan jenis favorit untuk kalangan pecinta sabung ayam di Asia selain ayam Bangkok. Jenis ayam ini sangat agresif dalam pertarungan. Ayam Burma dikenal sebagai ayam petarung yang akan langsung menyerang lawannya tanpa basa-basi.

4. Ayam Shamo

Jepang tidak ketinggalan untuk melahirkan jenis ayam aduan unggulan. Ayam Shamo namanya, yang di Jepang juga dikenal sebagai ayam ninja. Keunggulan ayam ini adalah pada bentuk fisiknya yang lebih kekar dibandingkan jenis ayam aduan lain didunia.

5. Ayam Philiphine

Negara Fipilina sangat terkenal sekali dengan perhelatan sabung ayam yang digelar secara legal dan menjadi acara rutin di negara tersebut. Tentunya mereka pasti memiliki jenis ayam aduan yang diberi nama ayam Philiphine. Kelebihannya memiliki gerakan dengan kecetatan diatas rata-rata ayam jenis lainnya.

6. Ayam Saigon

Masih dari Asia Tenggara, Vietnam memiliki ayam Saigon sebagai andalan. Saigan mengambil dari nama lama dari kota Kota Hồ Chí Minh, yang dulu dikenal dengan nama Saigon. Kekuatan pukulannya yang dahsyat menjadi keunggulan dari jenis ayam ini. Yang unik dan khas, ayam Saigon ini ternyata botak dibagian leher dan kepala, sehingga menjadikannya cukup mudah dikenali.

7. Ayam Siam

Ayam Siam sebenarnya merupakan ayam yang berasal dari Thailand dan merupakan bagian dari ayam Bangkok. Kelebihan ayam ini adalah pada gerakannya yang variatif dan atraktif saat bertarung.

8. Ayam Bali (Olagan)
Kota Bali memang memiliki sejarah yang luas mengenai dunia sabung ayam yang memang sudah menjadi tradisi dari berapa ratus tahun yang lalu. Tentunya dengan begitu Bali pasti memiliki jenis ayam adu unggulan yang diberi nama Ayam Olagan. Sayangnya, kini jenis ayam ini sudah tak banyak dibudidayakan lagi.

Leave a Reply