^ Ayam Ketawa Manu Gaga Asli Asal Dari Pulau Sulawesi Indonesia ^

February 7th, 2018

Ayam Ketawa Yang Sangat Unik Dengan Suara Kokoknya Yang Seperti Orang Sedang Tertawa Asli Berasal Dari Sulawesi Indonesia

Manu Gaga atau salah satu jenis ayam ketawa yang asli berasal dari Pulau Sulawesi Selatan. Jenis ayam yang satu ini memang memiliki nama yang dapat dikatakan cukup unik sekali, ternyata bukan hanya manusia saja yang bisa ketawa, ternyata jenis unggas seperti ayam juga bisa ketawa. Dikarenakan suara kokoknya yang memang sangat mirip sekali dengan orang yang tengah tertawa.

Ayam satu ini asalnya dari kota Sulawesi Selatan, sering sekali disebut dengan sebutan “Manu Gaga” dalam bahasa Bugis adalah merupakan salah satu hewan yang memang masuk dalam kategori hewan yang sangat dilindungi sekali, dikarenakan keberadaannya yang telah sangat langka serta memang nyaris punah ayam ketawa satu ini pada jaman dahulu hanya dipelihara serta juga dikembangbiakkan dalam lingkungan bangsawan Bugis sebagai suatu simbol status sosial yang menggambarkan mengenai sebuah kesuksesan ataupun keberanian dengan istilah “Jantan”.

Untuk fisik dari unggas satu ini sering kali juga disebut dengan ayam petarung pejantan dari timur dikarenakan nyaris samap dengan ayam kampung yang biasanya, mulai dari segi ukurannya, bentuknya, serta juga dari gerak-geriknya, warna pada bulunya juga sangat menyerupai ayam kampung, perbedaannya hanya ayam ketawa telah bisa berkokok sejak umur 3 bulan. Tetapi apabila untuk orang yang memang masih baru pertama kali mendengar suara ayam satu ini, tentunya suara kokoknya akan dibilang aneh serta lebih mirip dengan burung perkutut.

 

 

 

Untuk Jenis Pada Ayam Satu Ini Sendiri Mempunyai Tiga Jenis Yang Berbeda Pada Saat Ketawa :

 

1) Ayam Ketawa jenis Gretek, merupakan jenis ayam ketawa yang pertama satu ini mampu mengeluarkan sebuah suara yang seperti orang sedang ketawa dengan jarak antara suara tertawa yang cepat disaat berkokok.

2) Ayam Ketawa jenis Gaga, ayam ketawa jenis interval satu ini suara ketawanya memang lebih lambat serta juga terputus seperti hampir berhenti tetapi tetap akan masih berlanjut.

3) Ayam Ketawa jenis Dodo, kokoknya yang satu ini dapat dikatkaan memang menyanyat hati para pendengarnya.

 

Baca Juga : Ratusan Ayam Petarung Tewas Terserang flu Burung

 

Untuk anda yang memang sangat gemar sekali memelihara serta berternak ayam satu ini, admin sabung ayam juga sangat menyarankan untuk memelihara jenis ayam tersebut. Dikarenakna jenis ayam ketawa sangat mudah sekali dipelihara serta sangat tahan terhadap berbagai musim.

Leave a Reply