Ayam Ciparage, Ayam Petarung Asli Dari Jawa

August 20th, 2017

Salah satu ayam petarung yang asli berasal dari Indonesia adalah ayam ciparage. Memang tidak banyak jenis ayam petarung yang berkualitas dari negara Indonesia ini. Akan tetapi, dapat dipastikan, ayam petarung yang berasal dari Indonesia ini dapat bersaing dengan ayam petarung yang berasal dari luar negeri, seperti ayam bangkok, ayam saigon, ayam birma dan lain sebagainya.

Ayam ciparage berasal dari pulau Jawa, tepatnya di desa Ciparage, Kabupaten Karawang. Karena tingginya peminat dari ayam petarung yang satu ini, maka kami akan membahas mengenai ayam petarung yang satu ini.

Walaupun ayam ciparage dikenal mempunyai badan yang lebih kecil daripada ayam bangkok pada umumnya, mereka tetap memiliki kemampuan bertarung yang cukup baik. Para penghobi sabung ayam juga setuju bahwa ayam ciparage bisa bersaing ketat dengan ayam birma dalam hal kecepatan.

Namun, pukulan mereka bukan yang terkuat di kelasnya. Mereka membutuhkan banyak pukulan yang tepat tertuju pada bagian vital lawan untuk menjatuhkan lawannya. Biasanya mereka sangat jarang membuat KO lawannya.

Akan tetapi, karena kecepatan ayam ciparage yang baik, ayam petarung tersebut mampu untuk melancarkan pukulan beruntun kepada lawannya. Biasanya, pukulan ini sangat ampuh untuk membuat lawannya kehilangan arah karena terkejut.

Biasanya para penghobi sabung ayam yang memelihara ayam ciparage ini akan melatih kekuatan pukulannya dengan sejumlah latihan fisik. Selain itu, ayam ciparage bisa disilangkan dengan ayam petarung jenis lainnya yang mempunyai kekuatan pukulan yang keras. Ini biasanya adalah cara yang sangat efektif untuk mendapatkan ayam petarung yang berkualitas.

Kalau dilihat dari segi fisik, ayam ciparage ini ada juga yang sangat mirip dengan ayam bangkok. Banyak orang sering salah menilai ayam bangkok dengan ayam ciparage ini. Padahal, hal ini memang sangat lumrah, karena ayam ciparage memang juga merupakan salah satu hasil dari persilangan ayam bangkok dengan ayam lokal Indonesia.

Bagi Anda para pemula yang baru saja terjun ke dalam dunia sabung ayam, ayam bangkok akan terlihat lebih tinggi, atletis dan mempunyai postur yang lebih tegap dari ayam ciparage. Tentu saja gaya bertarung dari kedua ayam tersebut juga sangat berbeda. Ayam bangkok bisa dikatakan sebagai ayam petarung yang paling lengkap dari segi kekuatan, kepintaran, daya tahan dan stamina.

Namun, ayam ciparage tidak bisa diragukan lagi dalam dunia sabung ayam. Ayam petarung yang satu ini sudah mulai meningkat peminatnya, bahkan di Thailand sekalipun. Melalui pengalaman di lapangan, ayam ciparage bisa menjadi pesaing yang cukup berbahaya untuk ayam bangkok. Bahkan, sangat mungkin untuk ayam ciparage ini untuk menang di Indonesia nantinya.

Sekian dari informasi yang dapat kami sampaikan mengenai ayam ciparage, ayam petarung asli dari Jawa, semoga dengan informasi ini dapat bermanfaat untuk Anda serta sekaligus untuk menambah wawasan Anda mengenai dunia sabung ayam.

Leave a Reply