Arti Fenomenal Dibalik Mangkok Ayam Petarung

November 6th, 2017

mangkok ayam jago

Sabung Ayam – Kepopuleran dari mangkok ayam petarung ini ternyata sudah ada sejak zaman dahulu kala. Bahkan sejak zaman nenek moyang kita. Mangkok yang bergambar seekor ayam petarung ini semakin dikenal dikarenakan salah satu merek penyedap rasa yang berasal dari negara Indonesia yang telah menjadikan mangkok ini sebagai hadiahnya apabila Anda membeli penyedap rasa tersebut dalam jumlah yang sangat banyak. Akan tetapi, mangkok ayam petarung ini bukanlah buatan dari Indonesia, melainkan buatan dari China yang bisa Anda lihat di bagian bawah mangkok tersebut yang tertulis Made In China.

Warna dari mangkok ayam petarung ini sangatlah sederhana, latar dari mangkok ini didominasi dengan warna putih dan sedikit gambar bunga dengan daunnya, yang pastinya juga ada ayam petarungnya yang khas dari China.

Mangkok ini juga banyak digunakan oleh pedangan makanan seperti tukang bakso, mie ayam, soto dan juga lain sebagainya. Dan ternyata mangkok ini bukanlah hanya terkenal di Indonesia saja, namun mangkok ini juga terkenal di negara – negara tetangga seperti Singapura, Thailand, Malaysia dan juga negara asalnya China. Bahkan, yang lebih fenomenalnya lagi adalah bahwa mangkok ayam petarung ini juga pernah muncul di film komedi yang dibintangi oleh Stephen Chow, Kungfu Hustle. Berikut di bawah ini adalah arti fenomenal dibalik mangkok ayam petarung ini yang bisa Anda simak berikut ini:

  1. Ayam Petarung Adalah Simbol Kemakmuran

Ayam petarung di dalam tradisi China biasanya dihubungkan dengan kelancaran rezeki. Ada seorang pepatah yang mengatkan bahwa manusia itu harus bangun pagi – pagi supaya rezekinya tidak dipatuk oleh ayam. Dan yang pasti adalah melalui gambar ayam petarung ini, para pedangan berharap bisa memperoleh rezeki yang lebih dan lancar juga.

  1. Pendapat Dari Tukang Bakso

“Ayam petarung merupakan simbol dari kemakmuran rezeki. Bangunnya saja juga pagi dan langsung berkokok untuk membangunkan orang. Makanya ada pepatah yang mengatakan bahwa bangun tidur itu harus pagi – pagi apabila tidak mau rezeki direbut oleh orang lain.”

“Jadi, ayam itu sangat bermanfaat sekali, selain rajin untuk bangun pagi dagingnya juga enak untuk dimakan, telurnya juga sangat bermanfaat buat kesehatan orang – orang yang mengkonsumsinya.”

  1. Banyak Diimpor Dari China

Fakta lainnya yang juga menarik adalah mangkok ini berdiameter atas 16,5 cm, dan diamter bawah 9 cm dengan tinggi 6 cm ini biasanya diimpor dari negara China. Menurut sejarah, filosofi dari simbol ayam petarung ini sudah dikenal lama sejak zaman kerajaan Dinasti Ming.

Awal mula dari mangkok ayam petarung ini masuk ke Indonesia kemungkinan besar berasal dari perdagangan, diman terdapat banyak sekali orang – orang yang berwarga negara China ini datang ke Asia Tenggara, termasuk juga negara Indonesia.

Akan tetapi, banyak juga ilmuwan yang mengatakan bahwa mangkok ini berasal dari Thailand. Karena ayam petarung yang ada di dalam mangkok tersebut adalah ayam hutan Gallus Gallus yang sudah lama diternak dan dibudidayakan sejak tahun 8000 SM.

Dan pada tahun 5300 – 4300 SM, telah ditemukannya artifak atau fosil dari ayam hutan Gallus Gallus di China yang kemudian menyebar luas ke Negeri India tepatnya di lembah Indus pada tahun 2500 – 3000 SM. Dan yang paling terbaru adalah bahwa telah ditemukan di negara Yunani pada tahun 409.

Dari mana mangkok ayam petarung itu berasal tidaklah penting, yang paling penting adalah bahwa mangkok tersebut telah banyak berjasa kepada para pedagang – pedangan yang ada di Indonesia.

Baca Ini : 5 Hal Yang Mempengaruhi Kepopularitas Ayam Bangkok Gombong

Sekian akhir dari informasi yang dapat kami berikan kepada Anda mengenai arti fenomenal dibalik mangkok ayam petarung, semoga dengan informasi yang dapat kami berikan ini bisa bermanfaat untuk Anda dengan memperluas pengetahuan Anda mengenai dunia sabung ayam.

 

Leave a Reply