^ 8 Tips Memilih Ayam Aduan Berdasarkan Dari Jenis Pukulannya ^

September 17th, 2017

Pukulan dan taji merupakan senjata utama bagi ayam Bangkok atau jenis ayam aduan yang lain. Dalam memilih ayam petarung Bangkok, pukulan dan tji menjadi salah satu kriteria utama yang bisa dilihat ketika diabar/ adu. Beberapa hal yang perlu diamati ketika sabung ayam Bangkok diabar adalah sebagai berikut :

 

  1. SASARAN PUKULAN

Target pukulan ayam aduan yang paling umum ialah ke arah kepala dan leher. Pada menit-menit pertama abar, terkadang ayam aduan muncul di bagian bahu dan dada atau terlihat asal pukul. Hanya sedikit ayam aduan yang memukul bagian dada, sayap, punggung, perut dan pinggang. Yang paling bagus dan paling sering dipilih adalah ayam petarung yang memukul bagian kepala dan leher atas lawan secara konsisten.

 

  1. AKURASI PUKULAN AYAM

Ayam yang baik dipilih adalah ayam dengan pukulan yang tepat mengenai sasaran walaupun sulit mendapatkannya akurasi pukulan terkadang kurang tepat jika lawan yang dihadapi selalu bergerak atau tak mau diam. Namun apabila ayam itu ‘bagus’ dalam bertarung, walaupun lawannya sulit untuk dipukul, tetap saja akan terkena pukulan.

 

  1. ARAH PUKULAN

Untuk arah pukulan ayam aduan bisa dari arah depan, serong, samping kanan atau kiri, dan juga dari belakang. Pada menit-menit pertama abar, ayam aduan selalu memukul daro arah depan atau sedikit serong. Tetapi pada menit berikutnya, ayam juga bisa memukul dari arah samping dan belakang tergantung kebiasaannya. Ayam aduan yang bagus adalah ayam yang bisa memukul dari segela arah, baik dari arah depan, samping maupun belakang.

 

  1. FREKUENSI PUKULAN AYAM

Frekuensi / jumlah dalam pukulan ayam petarung yang paling umum adalah 1 kali pukul dalam setiap gebrakan. Tetapi ada ayam aduan yang bisa memukul beruntun, terutama ketika stamina masih bagus. Frekuensi pukulan ayam laga tergantung dari kebiasannya mematok. Ada ayam yang mematok cukup lama baru kemudian bisa memukul, sehingga ayam terkesan lambat dalam melakukan serangan. Pilihlah ayam aduan yang langsung memukul setelah mematok dikarenakan akan lebih memiliki banyak peluang untuk melakukan pukulan. Beda dengan ayam Birma, tanpa mematuk sudah pasti akan memukul, tinggal kita lihat ketepatan pukulannya. Jika tepat dan berefek berarti itu ayam bagus.

 

  1. JARAK PUKUL

Ada beberapa ayam petarung yang selalu menjaga jarak dari lawannya untuk bisa melancarkan pukulan dengan baik, dan sebaliknya ada juga yang sengaja merapatkan jarak agar bisa memukul lawannya. Ayam pun memiliki teknik sendiri-sendiri, pemilik ayam petarung juga harus mengetahui kelemahan serta kekurangan ayamnya.

 

  1. PUKULAN MEMATIKAN

Sangat sedikit ayam aduan yang memiliki pukulan telak mematikan. Namun cukup banyak juga ayam petarung yang memiliki pukulan bagus dan keras, tetapi masih bisa ditahan oleh ayam aduan yang bermental bagus. Para pemain ayam laga senior pada umumnya mampu memilih ayam laga yang memiliki pukulan mematikan. Pukulan yang seperti ini bisa melumpuhkan lawan dengan cepat, sehingga tak perlu harus bertarung lama. Untuk pukulan mematikan ini sebagian besa pemain ayam senior berpedoman pada katuranggan di kaki atau sisik.

 

  1. PUKULAN TAJI

Taji merupakan senjata mematikan bagi ayam petarung selain pukulan mematikan. Dan taji ayam laga yang masih muda atau belum panjang sulit diduga apakah nanti akan jitu ataukah tidak. Pada umumnya ayam petarung yang tajinya bisa mengenai sasaran adalah ayam laga yang pukulan kakinya mengarah ke kepala bagian atas.

 

  1. LAINNYA

Pukulan ayam petarung masih banyak ragamnya jika dibahas lebih dalam. Gerakan kaki saat memukul juga banyak macamnya, seperti kaki yang menendang lurus sambil kedua pergelangan kaki dirapatkan, atau pergelangan kaki ayam menjadi menyilang (menggunting).

 

Demikianlah sajian tentang Memilih Ayam Petarung Berdasarkan Jenis-Jenis Pukulan Ayam Aduan. Semoga bermanfaat untuk anda semua pecinta sabung ayam online.

Leave a Reply