7 Teknik Bertarung Ayam Petarung Yang Paling Ditakuti

July 12th, 2017

Ayam petarung tidak hanya bermodalkan stamina dan kekuatan fisik saja tapi harus didukung dengan memiliki teknik-teknik bertarung yang baik supaya dapat memenangkan pertarungan di arena sabung ayam.

Berikut di bawah ini akan kami paparkan secara singkat mengenai tujuh teknik bertarung ayam petarung yang paling ditakuti di setiap pertarungan. Pada dasarnya teknik bertarung ayam petarung terbagi menjadi 2 bagian, yakni teknik menyerang dan teknik bertahan.

Pada pembahasan di bawah ini akan kami bahas mengenai kedua jenis teknik bertarung tersebut beserta kelebihannya, silahkan disimak:

  1. Teknik Ngalung

Ini adalah teknik bertahan yang pada umumnya dimiliki oleh kebanyakan ayam petarung dalam menghindari serangan lawannya. Ayam petarung dengan teknik bertarung seperti ini akan berusaha mengalungkan lehernya ke leher lawan agar kepalanya terhindar dari serangan lawan.

Biasanya ayam petarung dengan teknik ini akan banyak bergerak dan sangat menguras tenaganya sendiri. Hal ini dilakukan untuk mempertahankan posisi kepalanya supaya selalu terhindar dari serangan lawannya, sambil bergerak mengitari tubuh lawannya untuk mencari celah melancarkan serangan.

Pada umumnya ayam petarung dengan teknik ngalung ini memiliki pukulan yang keras namun kurang tepat mengenai bagian vital lawannya, melainkan lebih sering mengarah ke bagian belakang leher, dada, punggung dan sayap lawannya.

  1. Teknik Kontrol

Teknik ini hanya dimiliki ayam petarung yang main di atas. Yang artinya kepala ayam petarung berdiri tegak, lebih tinggi di atas lawannya. Teknik kontrol pada umumnya adalah teknik bertahan dengan cara mengontrol setiap gerakan dari kepala lawan sambil sekali-kali melancarkan pukulan keras kepada lawannya.

Adapun kelebihan ayam petarung dengan teknik bertarung ini adalah stamina dan daya tahan yang awet sampai akhir pertarungannya.

  1. Teknik Ngunci

Ayam petarung dengan teknik ngunci ini akan sangat sulit untuk diserang. Dalam petarungannya, kepala dan lehernya akan selalu menyusup masuk ke sela-sela sayap atau kaki lawannya. Apabila masuk ke sela-sela sayap lawan maka peluang untuk mematuk lawan sangatlah besar terlebih lagi jika ia memiliki otot leher yang panjang dan rapat.

  1. Teknik Ngeles

Teknik ngeles ini termasuk ke dalam jenis teknik bertahan. Ayam petarung yang pandai ngeles sering terhindar dari serangan lawannya termasuk lawannya adalah ayam petarung yang berkualitas, meskipun gerakannya terlihat dikontrol oleh lawannya.

Ketika ngeles sambil menghindari pukulan, ayam petarung dengan teknik ngeles juga akan melancarkan serangan dengan pukulan sayap yang sangat keras terhadap lawannya. Ayam petarung yang sering ngeles ini umumnya akan sangat minim bahkan bersih dari luka-luka setelah bertarung karena ia sangat pandai ngeles untuk menghindari pukulan lawannnya.

  1. Teknik Dorong

Ini adalah teknik bertarung yang sangat baik. Mendorong tubuh lawan untuk mencari posisi yang tepat untuk menyerang dengan pukulannya yang keras dan sangat tepat. Ayam petarung dengan teknik dorong umumnya memenangkan petarungan dalam tempo yang singkat. Ayam petarung dengan teknik dorong ini sangat disukai dan dicari oleh para pesabung ayam.

  1. Teknik Jorok

Ayam petarung dengan teknik jorok ini adalah ayam petarung dengan tipe menyerang. Serangan dan pukulan akan dilakukan terus menerus pada bagian mana saja kepada tubuh lawannya. Umumnya serangan beruntun ini akan dilakukan pada awal pertarungan, namun kelemahannnya adalah kelelahan mereka sendiri pada akhir pertarungan dan membuka peluang untuk diserang oleh lawannya.

  1. Teknik Shamo

Teknik Shamo merupakan teknik bertarung yang khas dari ayam Shamo Jepang. Ini adalah kombinasi teknik dorong dan teknik pukul. Ayam petarung dengan teknik Shamo biasanya akan merapat dan menempel lawannya hingga terjepit dengan posisi lawannya. Setelah ada peluang dan posisi yang tepat, ayam petarung ini akan melompat dan mengarahkan cakar dan tajinya ke bagian kepala lawannya. Adakalanya hanya dengan sekali pukulan aja, bisa membuat lawannya terkapar dan gegar otak.

Sekian dari informasi yang dapat kami sampaikan mengenai 7 teknik bertarung ayam petarung yang paling ditakuti, semoga dengan informasi ini dapat bermanfaat untuk Anda dan dapat menambah wawasan Anda mengenai dunia sabung ayam.

Leave a Reply