^ 6 Jenis Obat Bubul Ayam Yang Paling Mujarab ^

November 8th, 2017

 

Kaki bubulan pada ayam petarung anda akan sangatlah berbahaya bagi ayam dikarenakan dapat menyebabkan ayam mengalami cacat yang permanen. Oleh sebab itu, pengetahuan tentnag cara penanganannya serta jenis obat bubul ayamnya sangat perlu di pelajari secara seksama. Bubul pada kaki ayam aduan bisa diobati dengan beberapa obat. Berikut adalah merupakan beberapa obat bubul ayam aduan dan cara menggunakannya, sebagai berikut :

 

* Garam Serta Deterjen

 

Obat pertama yang dapat anda gunakan pada bubul ayam aduan anda adalah merupakan Garam atau Deterjen. Pengobatan ini sebetulnya cukup efektif jika diterapkan pada bubul yang masih tidak begitu parah. Caranya adalah siapkan comberan atau lumpur, lalu isi dengan menggunakan air garam atau air deterjen bekas cucian. Sesudah sabung ayam aduan dimandikan di pagi hari, jemur ayam tersebut diatas kubangan lumpur tersebut, maka bubul yang sudah mengeras akan rontok sendirinya pada sore hari.

 

* Obat Kutil

 

Obat kutil juga dapat digunakan sebagai obat bubul pada bagian kaki ayam yang bubul, paling utama yang bermerek Colomac. Cara menggunakannya adalah memberishkan kaki ayam aduan yang terserang bubul terlebih dulu, kemudian usap dengan menggunakan alkohol, lalu oleskan pada bagian kaki ayam yang bubulan dengan menggunakan obat kutil Colomac. Tutup pada bagian yang terluka dengan menggunakan plester. Biarkanlah beberapa hari serta usahakan alaskan kandang si ayam aduan terasa empuk dengan menambahkan sejumlah jerami atau sekam.

 

* Obat Counterpain

 

Obat kram untuk otot seperto counterpain ini juga dapat digunakan sebagai obat bubul pada bagian kaki ayam aduan. Cara penggunaannya adalah hanya cukup dioleskan dibagian kaki ayam aduan yang terserang bubulan. Pegang kaki ayam aduan selama 5 menit hingga sampai krim yang dioleskan menempel menjadi kering, lalu masukkan ayam aduan kedalam kandang yang alasanya telah dilapisi dengan jerami atau sekam padi.

 

* Obat Koyo Cabe

 

Beberapa botoh pada umumnya memiliki resep tersendiri dalam mengobati kaki ayam yang bubulan. Mereka memakai obat koyo cabe untuk menutupi luka bubulan pada bagian kaki ayam aduan. Koyo cabe tersebut diganti 3 kali sehari serta sesudah 2 kali penggantian, bubul pada kaki ayam akan kering serta membaik. Anda juga bisa mencoba dengan cara yang sederhana ini, Koyo Cabe memang relatif lebih mudah ditemukan daripada dengan obat bubulan ayam yang lainnya.

 

* Paku Yang Dibakar

 

Untuk luka bubulan pada ayam aduan yang sudah sangat parah, beberapa botoh menyarankan untuk menggunakan paku bakar sebagai obat bubulan pada ayam aduan. Paku yang ukurannya seperti luka bubulan di bakar sampai panas, lalu ditempelkan pada mata bubul hingga sampai ayam aduan merasa kepanasan serta menghentakkan kakinya. Pengobatan tersebut di lakukan pada setiap hari selama 3 hari berturut atau hingga sampai bubulan pada ayam aduan benar telah pulih.

 

Baca Juga : Gejala Dan Penyebab Turun Urat Serta Pengobatannya

 

* Melakukan Operasi Bedah

 

Nah, cara terakhir yang dapat dilakukan dalam pengobatan bubulan ayam aduan adalah dengan melakukan sebuah operasi yang sederhana. Cara tersebut mungkin adalah merupakan cara yang memang ampuh, namun lebih baiknya cara yang satu ini diterapkan apabila cara-cara yang lain memang sudah dicoba namun tidak membuahkan hasil. Operasi yang sederhana tersebut bisa kita lakukan apabila telah melengkapi peralatan yang diperlukan. Peralatan yang diperlukan diantaranya adalah silet, kapas, alkohol, jarum, kain kasa, benang serta betadine.

Leave a Reply