5 Hal Yang Mempengaruhi Kepopularitas Ayam Bangkok Gombong

November 2nd, 2017

ayam bangkok gombong

Sabung Ayam – Para penghobi sabung ayam tentu sudah pasti tidak asing lagi dengan yang namanya Kecamatan Gombong yang terletak di Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Kecamatan Gombong ini memang dikenal sebagai salah satu tempat penghasil ayam bangkok gombong yang sangat berkualitas. Ayam bangkok yang diternak di Kecamatan Gombong ini sudah menyebar keseluruh Indonesia.

Popularitas dari ayam bangkok gombong ini ternyata sudah mendunia, hal ini dikarenakan adanya beberapa hal yang bisa mempengaruhinya. Oleh karena itu, berikut di bawah ini akan kami jelaskan 5 hal yang mempengaruhi kepopularitas ayam bangkok gombong, yakni sebagai berikut:

  1. Sejarah

Ayam bangkok gombong ini ternyata sudah mempunyai sejarah yang emas dalam dunia perayaman nasional. Sejak tahun 70-an, banyak sekali pecinta sabung ayam yang ingin mencari anakan dari ayam bangkok gombong yang berkualitas dari Kecamatan Gombong ini.

Lim Tiong Huat merupakan salah satu masyarakat yang bertempat tinggal di Gombong yang berdarah Tionghua inilah yang memulai perjalanan sejarah dari Kecamatan Gombong sebagai salah satu tempat penghasil ayam bangkok yang sangat berkualitas.

  1. Kelas

Meskipun ayam bangkok gombong ini dinyatakan sebagai ayam petarung yang memiliki kualitas, namuan ternyata ayam bangkok gombong ini terbagi ke dalam beberapa kelas yaitu kelas ayam homong, istimewa, dan super. Ayam bangkok gombong biasa pada umumnya memiliki nilai jual sekitar 200 ribu, sedangkan untuk ayam bangkok gombong yang istimewa dan super ini nilai jualnya sangat bervariasi, bahkan bisa mencapai angka ratusan juga rupiah.

  1. Bertipe Pukul

Kebanyakan dari ayam bangkok gombong yang diternak di Kecamatan Gombong ini adalah ayam bangkok gombong yang bertipe pukul. Kekuatan dari pukulannya ini sangatlah luar biasa serta dengan didukung oleh tulang dan otot – otot yang besar, ayam bangkok gombong ini mampu untuk menghancurkan semangat dan fisik dari lawannya ketika sedang bertarung di dalam arena sabung ayam.

  1. Pakan Dan Perawatan

Karena ayam bangkok gombong ini bertipe pukul, maka ayam bangkok yang satu ini bisa diberi pola makan yang cukup sederhana. Pakan yang bisa Anda berikan adalah jagung pipil yang sudah dicampur dengan voer. Pemberian pakannya ini juga cukup diberikan hanya sekali saja pada sore hari. Dengan pola makan yang seperti, maka nafsu dari ayam bangkok gombong ini pun bisa tetap terjaga.

  1. Permintaan Yang Tinggi

Kualitas dari ayam bangkok gombong ini ketika diturunkan ke dalam arena pertarungan sabung ayam in memang sudah terkenal hingga seluruh pelosok – pelosok Indonesia. Sehingga hal ini membuat permintaan akan ayam bangkok gombong ini semakin tinggi. Permintaan datang dari beberapa daerah seperti Jawa dan Sumatra. Adapaun pada waktu musim lebaran tiba, maka permintaan konsumen akan ayam bangkok gombong ini bisa meningkat sampai dengan 3 kali lipat dari hari biasanya.

Baca Ini : Hal – Hal Unik Yang Belum Diketahui Mengenai Ayam Petarung

Sekian akhir dari informasi yang dapat kami berikan kepada Anda mengenai 5 hal yang mempengaruhi kepopularitas ayam bangkok gombong, semoga dengan informasi yang dapat kami berikan ini bisa berguna untuk Anda dengan memperbanyak pengetahuan Anda mengenai dunia sabung ayam.

Leave a Reply