5 Cara Pengobatan Penyakit Bubul Pada Ayam Petarung

November 6th, 2017

bubul

Sabung Ayam – Penyakit bubul ini termasuk salah satu jenis penyakit yang sering dialami oleh ayam petarung di bagian kakinya. Penyakit bubul ini bisa timbul karena adanya infeksi bakteri pada bagian kaki ayam petarung yang terluka. Biasanya ayam petarung yang baru saja selesai bertarung akan terdapat luka di bagian kakinya. Apabila luka tersebut dibiarkan begitu saja dan tidak dibersihkan maka akan menimbulkan adanya infeksi bakteri pada bagian kaki tersebut, apalagi kandang yang dihuni oleh ayam petarung tersebut sangat kotor dan jarang sekali dibersihkan.

Penyakit bubul ini sangatlah berbahaya sekali karena apabila dibiarkan terus dan tidak diobati maka akan mengakibatkan cacat permanen pada ayam petarung tersebut. Oleh karena itu, berikut di bawah ini akan kami berikan 5 cara pengobatan penyakit bubul pada ayam petarung yang bisa Anda simak berikut ini:

  1. Garam Dan Deterjen

Obat pertam yang bisa Anda pakai untuk mengobati penyakit bubul terebut adalah garam dan deterjen. Cara pengobatan yang satu ini bisa dibilang cukup efektif untuk pengobatan penyakit bubul yang masih belum terlalu parah kondisinya. Cara untuk melakukan pengobatan ini bisa Anda lakukan dengan cara menyiapkan setumpuk lumpur dan siapkan sebuah ember yang besar. Kemudian Anda bisa mengisi ember tersebut dengan garam ataupun air deterjen bekas cucian Anda. Setelah itu, Anda bisa memandikan ayam petarung Anda di pagi hari di dalam ember tersebut, kemudian ayam petarung Anda bisa Anda jemur di atas lumpur yang Anda siapkan tadi. Bubul tersebut akan mengeras dengan sendirinya dan akan lepas pada keesokan harinya.

  1. Obat Kutil

Obat kutil juga bisa Anda gunakan untuk mengobati penyakit bubul pada ayam petarung Anda, terutam obat kutil yang bermerek Colomac. Cara untuk pemberian obat ini bisa Anda lakukan dengan cara membersihkan kaki ayam petarung Anda yang terkena bubul tersebut terlebih dahulu, lalu Anda bisa mengoleskan sedikit alkohol, kemudian Anda bisa mengoleskan bagian kakinya yang terkena bubulan tersebut dengan menggunakan obat kutil tersebut dan Anda bisa menutup bagian luka tersebut dengan menggunakan kain perban. Anda bias membiarkannya beberapa hari dan Anda harus menyiapkan alas kandang yang lembut untuk ayam petarung Anda dengan menggunakan jerami atau sekam.

  1. Counterpain

Obat kram otot yang seperti counterpain ini juga bisa Anda gunakan untuk mengobati penyakit bubul. Cara untuk pemberiannya cukup Anda oleskan saja pada bagian kaki ayam petarung Anda yang sakit. Anda harus mengeringkan krim tersebut selama 5 menit dengan menahan ayam petarung Anda supaya tidak banyak gerak.

  1. Koyo Cabe

Beberapa penghobi sabung ayam biasanya memiliki cara – caranya masing – masing untuk mengobati penyakit pada ayam petarungnya. Untuk mengobati penyakit bubul ini biasanya mereka menggunakan koyo cabe dengan cara menempelkannya pada bagian kaki ayam petarung yang sakit. Koyo cabe tersebut bisa Anda ganti selama 3 kali sehari.

  1. Paku Bakar

Ada juga beberapa penghobi sabung ayam yang menyarankan untuk menggunakan paku bakar untuk mengobati penyakit bubul. Paku yang berukuran seperti luka bubul tersebut bisa Anda bakar hingga panas yang kemudian bisa Anda tempelkan pada mata bubul tersebut sampai ayam petarung tersebut merasa kepanasan. Pengobatan yang satu ini bisa Anda lakukan setiap hari selama 3 hari berturut – turut atau sampai ayam petarung Anda benar – benar sembuh.

Baca Ini : Tips Untuk Anda Dalam Menangani Ayam Petarung Bantat

Sekian akhir dari informasi yang dapat kami berikan kepada Anda mengenai 5 cara pengobatan penyakit bubul pada ayam petarung, semoga dengan informasi yang dapat kami berikan ini bisa bermanfaat untuk Anda dengan memperluas pengetahuan Anda mengenai dunia sabung ayam.

Leave a Reply