4 Jenis Ayam Memiliki Nilai Jual Yang Fantastik

July 23rd, 2017

Umumnya sih kalau membeli ayam di pasar hewan setidaknya harga mulai dari Rp 30 ribu hingga Rp 50 ribu. Entah itu untuk disembelih atau dipelihara, namun harga tersebut sudah termasuk mahal bagi orang Indonesia. Makanya nggak heran, segitu kadang masih ditawar banget oleh para pembeli terutama ibu-ibu.

Beberapa ayam mungkin bisa ditawar, namun tidak berlaku pada beberapa jenis ini. Pasalnya, per ekornya ayam jenis ini bisa dihargai ratusan juta hingga miliaran. Sepintas mungkin ayam-ayam itu tidak ada bedanya, tapi kalau ditelusuri pasti ketahuan keistimewaannya. Jenis ayam apa saja yang katanya paling mahal ini? Simak ulasannya berikut.

Ayam Ai Jae
Memang tidak ada yang aneh dengan ayam yang satu ini, hampir mirip dengan jenis bangkok lainnya. Namun siapa sangka kalau ayam ini kalau dijual bakal memiliki harga yang sangat fantastis. Ya, Ayam Bangkok Ai Jae ini dinobatkan sebagai ayam paling mahal di dunia.

Pasalnya, jika ingin membawa pulang ayam ini, kita harus menyiapkan budget hingga Rp 1,2 Miliar. Ayam bangkok ini memang sangat berbeda dengan yang lainnya, pasalnya bisa tidak pernah kalah saat pertandingan sabung ayam. Ayam Bangkok Ai Jae tetap terjaga keturunannya sampai saat ini agar meningkat populasinya.

Ayam Tiga Darah
Jenis ayam yang satu ini bisa dibilang cukup unik. Ayam tiga darah merupakan keturunan dari tiga jenis yang berbeda, Bangkok, Burma dan Saigon. Ayam tiga darah ini mewarisi keunggulan dari semua jenis ayam yang telah melahirkannya itu.

Ayam tiga darah ini dikhususkan untuk aduan sabung ayam, karena kemampuannya fisik dan staminanya yang sudah tidak perlu diragukan. Uniknya, ayam jenis ini memiliki harga yang sangat fantastis. Disebuah toko online, ada seseorang yang berani menjual ayam tiga darah ini hingga mencapai harga Rp 350 juta rupiah.

Ayam Cemani
Mungkin karena kelangkaan dan keunikan bentuknya yang membuat ayam ini sangat berbeda. Apalagi ayam ini selalu dekat dengan unsur mistis yang ada di Indonesia, jadinya semakin melambung saja harganya. Meskipun bukan ayam aduan, ayam cemani dijual dengan harga yang selangit.

Di sebuah situs online, ayam cemani dijual dengan harga tertinggi yaitu sekitar Rp 200 juta. Sedangkan untuk harga terendahnya adalah masih berkisah sekitar Rp 10 jutaan. Hal ini dipengaruhi karena ayam cemani masih keturunan asli tanpa kawin campur sehingga memiliki harga yang melambung sangat tinggi.

Ayam Brahma
Kalau yang satu ini sudah tidak perlu dipertanyakan lagi. Harga anak ayam brahma saja sudah jutaan, apalagi sudah dewasa. Disebuah situs belanja online ada yang menjual ayam brahma dewasa, mulai dari harga Rp 10 juta hingga Rp 20 juta. Umumnya jenis ayam ini diperuntukkan untuk hias, namun banyak yang memakan dagingnya yang memiliki kelezatan berkelas.

Demikian penjelasan kami mengenai 4 jenis ayam memiliki nilai jual yang fantastik. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi para pecinta ayam petarung dan peternak ayam lainnya. Terima kasih

Leave a Reply