3 Perawatan Yang Bagus Untuk Ayam Petarung Sebelum Ditarungkan

November 14th, 2017

Perawatan untuk ayam petarung

3 Perawatan Yang Bagus Untuk Ayam Petarung Sebelum Ditarungkan

Sabung Ayam – Supaya ayam petarung bisa menjadi seekor ayam petarung yang bener – benar kuat dan bisa menjadi juara di dalam arena sabung ayam, maka hal itu sangat membutuhkan waktu yang panjang sekali. Karena ayam tersebut harus dirawat dan dilatih secara rutin dan terartur, hal ini tentu sama dengan para petinju yang akan naik ke atas ring untuk bertinju melawan lawanya. Hal ini juga sama di dalam dunia sabung ayam yang harus melatihnya ayamnya menjadi kuat, gesit, dan bisa menciutkan nyali lawannya.

Di dalam merawat seekor ayam petarung yang memiiki harapan yang tinggi tentu membutuhkan perawatan yang esktra, agar ayam tersebut menjadi ayam petarung yang kuat dan gagah perkasa ketika memasuki arena pertarungan sabung ayam.

Berikut di bawah ini ada 3 perawatan yang bagus untuk ayam petarung sebelum ditarungkan yang bisa Anda simak berikut ini:

  1. Latihan Awal

Usia seekor ayam petarung yang cocok untuk dilatih adalah yang sudah berusia sekitar 8 – 9 bulan. Pada saat itu ayam tersebut harus Anda pisahkan dan ditempatkan di dalam kandang sendiri. Pada waktu pagi hari ayam tersebut bisa Anda jemur selama kurang lebih 2 jam. Setelah, ketika memasuki sore hari ayam tersebut bisa Anda umbarkan supaya bisa mengepakkan sayapnya dengan leluasa tetapi masih di dalam pengawasan Anda.

Di dalam tahap yang satu ini, ayam tersebut harus diberikan latihan yang ringan terlebih dahulu karena pada usia ini bulu – bulu yang dimilikinya ini masih muda, apalagi bulu yang ada di leher dan ekornya. Karena takutnya jika Anda memberikan latihan yang terlalu berat bisa membuat ayam tersebut menjadi kesakitan dan stress.

  1. Mandi

Untuk memandikan ayam petarung ini tidak sesulit yang Anda bayangkan selama ini karena memandikan ayam ini hampir sama dengan Anda memandikan bayi Anda. Anda juga tidak boleh langsung memasukkannya ke dalam ember dan membasahi secara sembarangan di bagian – bagian tubuhnya, karena Anda hanya diperbolehkan untuk membasahi tubuhnya pada bagian – bagian tertentu saja.

  1. Menjantur

Kata menjantur ini biasanya sering dipakai oleh para penghobi sabung ayam di dalam suatu proses perawatan pada ayam petarung, di dalam tahap ini Anda harus memberikan latihan pergerakan kaki dan sayap kepada ayam tersebut. Selain bisa melatih pergerakan kaki dan sayapnya, ternyata latihan ini bisa juga untuk memperpanjang nafas dan staminanya. Untuk memberikan latihan ini sebaiknya Anda berikan pada sore hari saja, karena di pagi hari ayam tersebut akan dijemur.

Baca Ini : Mengulas Kelebihan Beserta Ciri – Ciri Dari Ayam Panus

Sekian akhir dari informasi yang dapat kami sampaikan kepada Anda mengenai 3 perawatan yang bagus untuk ayam petarung sebelum ditarungkan, semoga dengan informasi yang dapat kami sampaikan ini bisa berguna untuk Anda yang ingin memperoleh informasi seputar dunia sabung ayam.

 

Leave a Reply