3 Macam Kandang Untuk Ayam Petarung

July 20th, 2017

Kandang adalah sebuah sarana vital yang dapat menunjang keberhasilan budidaya ayam petarung bagi para peternak ayam, tanpa kandang yang baik dan benar ayam akan sangat mudah terserang penyakit, dicuri atau masalah-masalah lain yang bisa saja terjadi pada ayam bangkok. Untuk itu pada kesempatan kali ini kami di sini akan memberikan beberapa informasi untuk Anda untuk mengenal 3 macam kandang untuk ayam petarung beserta fungsinya sebagai berikut.

Untuk memiliki kandang yang baik untuk ayam petarung kesayangan Anda sebaiknya kandang yang dapat menjadi tempat hidup paling nyaman untuk ayam petarung, dan mampu mencegah ayam petarung kesayangan Anda dari segala macam masalah yang ada di sekitar lingkungan Anda. Untuk membuat kandang yang baik pastinya dibutuhkan lokasi yang baik dan ideal untuk tempat tinggal ayam petarung kesayangan Anda, berikut di bawah ini akan kami sarankan untuk Anda memilih lokasi-lokasi, seperti ini:

  • Minimal lokasi kandang harus berjarak 5 meter dari pemukiman rumah dan jauh dari kandang ayam lainnya.
  • Memilih di tanah yang datar dan memilki pohon yang dapat menjadi pelindung untuk kandang dan sekaligus melindungi ayam petarung Anda dari sinar matahari yang terik.
  • Memilih lokasi yang memiliki saluran air yang baik, sehingga jika tiba hujan turun tidak ada genangan air didekat kandang ayam petarung Anda.
  • Yang paling di utamakan adalah pilihlah di lokasi yang berumput, karena ayam petarung suka dengan rumput sebagai penggangti makan serat baginya.
  • Anda juga harus perhatikan masalah arah kandang, sebaiknya Anda memilih arah kandang yang mengahadap sinar matahari pada pagi hari.

Jika Anda sudah memiliki syarat lokasi kandang untuk ayam petarung kesayangan Anda, selanjutnya Anda bisa mengenal untuk memahami jenis-jenis kandang ayam dengan ukuran yang pas untuk dihuni oleh ayam petarung kesayangan Anda:

  • Kandang Umbaran Satuan

Kandang umbaran satuan adalah kandang yang sangat banyak fungsinya, kandang ini dapat di gunakan sebagai kandang kawin baut ayam petarung Anda, kandang umbaran juga bisa dipakai sebagai kandang anakan bagi Anda yang memilki anakan. Untuk ukuran kandang umbaran yang baik adalah dengan panjang 1,5 meter dan untuk lebar 1 meter, untuk tinggi kandang Anda bisa memilih 2,5 meter. Untuk alas kandang sebaiknya Anda menggunakan tanah saja supaya cepat membantu membentuk struktur cakar dan jari-jari ayam petarung Anda.

  • Kandang Postal

Kandang ayam petarung selanjutnya adalah kandang postal, kandang ini dibuat khusus untuk Anda yang memilki anak ayam yang baru menetas, ukurannya lebih kecil dari kandang umbaran, hanya sekitar panjang 1 meter, lebar 0,8 meter dan tinggi 1 meter. Dengan kandang berukuran seperti ini kapasitasnya untuk menanpung anak ayam biasanya hanya bisa menampung 10 sampai 15 anak ayam saja dan untuk dinding kandang postal Anda bisa menggunakan kawat saja tetapi jangan lupa bagian dalam kandang harus diberikan lampu bohlam yang berguna sebagai penghangat bagi anak ayam petarung Anda, untuk alas kandang Anda bisa memakai sekam padi yang kering.

  • Kandang Tidur

Untuk kandang tidur ayam petarung Anda harus dibuat panggung dengan ketinggian minimal 1,5 meter dari tanah, hal ini di karenakan untuk menghindari suhu tanah yang di malam hari. Dari semua jenis kandang yang layak untuk ayam petarung kesayangan Anda, namun tetap saja harus dilengkapi dengan tempat makan dan minum dan jangan lupa juga Anda harus memperhatikan kelembaban kandang ayam petarung kesayangan Anda.

Sekian dari informasi yang dapat kami sampaikan mengenai 3 macam kandang untuk ayam petarung, semoga dengan informasi ini dapat bermanfaat untuk Anda dalam membangun kandang untuk sabung ayam Anda.

Leave a Reply